Wujudkan Kemaslahatan Umat, UNJ Luncurkan Rumah Amal

0
7
Foto: Rektor UNJ Prof Komarudin bersama Ketua DKM Masjid Nurul Irfan membagikan bantuan pertama Rumah Amal UNJ Kepada tiga mahasiswa.

EDURANEWS, JAKARTA- Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan sekaligus peluncuran rumah amal UNJ yang dikelola oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Irfan UNJ dibawah pengawasan Rektor yang terselenggara di Aula Latief Hendraningrat, Kampus UNJ (01/10).

Dalam sambutannya Prof Seno selaku ketua panitia kegiatan mengatakan kegiatan ini mengundang pimpinan universitas dan fakuktas serta program studi serta pihak eksternal yaitu dari asosiasi masjid kampus dan para pengurus wilayah asoiasi masjid kampus yang tersebar diseluruh Indonesia.

Menurutnya gagasan pendirian rumah amal UNJ agar dapat segera berjalan secara efektif untuk kemaslahatan bersama. “Dalam wakru dekat adalah untuk menyantuni mahasiswa untuk membayar UKT yang hari ini juga dilakukan pemberian santunan secara simbolis kepada 3 mahasiawa UNJ,” ungkapnya.

Dirinya mengatakan dengan adanya rumah amal ini semoga dapat memberi manfaat bagi masyarakat banyak terkhusus manfaat bagi para mahasiswa UNJ.

Pada kesempatan ini rektor UNJ Prof Komarudin dalam sambutannya mengatakan bahwa peringatan maulid Nabi merupakan kegiatan rutin tahunan yang diharapkan dapat menumbuhkan kesegaran iman dan takwa kepada Tuhan YME.

Menurutnya peluncuran rumah amal ini adalah harapan besar bersama bagi citivitas akademika UNJ untuk menampung zakat, infaq, shodaqoh, maupun wakaf yang sangat dibutuhkan bagi kalangan tidak mampu dilingkungan UNJ.

“Berdasarkan data terakhir terdapat sekitar 22 persen mahasiswa UNJ tergolong afirmasi, artinya masih banyak yang memerlukan bantuan,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini Prof Komarudin juga menyampaikan agar pengelolaan dana amal dapat dilakukan secara terbuka dan transparan dan nantinya kedepan juga dapat disinergikan dengan dana abadi UNJ agar dapat lebih banyak menjangkau penerima bantuan.

Sementara itu Ketua DKM Masjid Nurul Irfan UNJ Prof Asep Supena mengatakan bahwa setelah launching ini akan ada skema bagi segenap civitas akademika UNJ untuk menyalurkan zakatnya serta akan membuat media sosial untuk menjangkau pendonor baik internal maupun eksternal UNJ.

Pada peringatan Maulid Nabid Kuhammad SAW ini juga menghadirkan Ustad Donny Amir Sagaf Sebagai Pemceramah dengan topik ceramah “Dampak Ajaib berbuat Baik Pada Sesama”.

Dalam paparannya Ustad Donny juga banyak menyinggung manfaat bersedakah yang dirinya kaji berdasarkan penelitian jurnal ilmiah ternama dapat memberikan kebahagiaan serta memberikan efek positif bagi tubuh dan pikiran.