Ini Dia Kanal Youtube Edukatif dan Menyenangkan untuk Temani Harimu!

0
149

EDURA NEWS, JAKARTA – Untuk sahabat Edura News yang sedang mencari tontonan yang menyenangkan dan edukatif, Edura News memiliki beberapa rekomendasi tontonan di Youtube yang akan menemani Minggu kalian, lho!

Ada banyak tontonan Youtube yang bisa menambah ilmu pengetahuanmu di bidang Sains, Sosial-Budaya, Teknologi, Sejarah, sampai Psikologi. Berikut beberapa kanal Youtube yang telah Edura News pilihkan untuk menemani hari rehat kalian.

1. Kok Bisa?

Kanal Youtube Kok Bisa? disebut sebagai pelopor kanal Youtube edukasi pertama di Indonesia. Saat ini kanal Kok Bisa? telah memiliki lebih dari 1 juta pengikut.

Kanal Youtube ini menyuguhkan banyak konten seputar pertanyaan yang selalu terbesit di pikiran kita, seputar Sejarah, Biologi, Geografi, Sosial, Politik, dan lainnya. Informasinya dikemas dengan animasi bergerak dan penjelasan yang sangat mudah dipahami.

Dengan penyajian melalui animasi tersebut, Kok Bisa? yakin bahwa konsep rumit bisa digambarkan dengan kontekstual. Contoh kontennya adalah “Kenapa Orang Bule Tinggi-tinggi?”, “Apa Jadinya Jika Laut Kering?”, “Bagaimana Fosil Bisa Bertahan Jutaan Tahun?”, dan lainnya.

2. Hujan Tanda Tanya

Kanal Youtube berpengikut 472 ribu ini menyuguhkan pengetahuan seputar sains, sosial-budaya, teknologi, serta aneka tips.

Beberapa contoh kontennya di antaranya “Mindfulness and Emotional Intelligence”, “Cinta adalah Seni”, “Awal Mula Astronomi Modern”, dan lain-lain. Kontennya dikemas secara ringan, mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kita tanyakan setiap hari.

Setiap pertanyaan yang terjawab akan menghasilkan pertanyaan baru, sehingga pikiran manusia selalu berada dalam Hujan Tanda Tanya. Kanal Youtube ini dikelola oleh sekelompok pemuda diaspora yang bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia kepada sains dan teknologi.

3. Ayo Mikir

Kanal Youtube yang memiliki pengikut sebanyak 123 ribu ini menyajikan konten tayangan yang edukatif dan juga mudah dipahami. Konten Ayo Mikir berfokus pada pembelajaran seputar sains, seperti Fisika, Biologi, hingga Psikologi.

Dengan video stop-motion, kita disuguhi tontonan edukasi yang menarik. Beberapa conton konten yang dibuatnya seperti “Cara Kerja Evolusi”, “Kenapa Wabah Covid Sulit Banget Dihilangkan?”, Apa Gravitasi Itu Nyata?”, “Kapan Planet Bumi dan Manusia Punah?”, dan lain-lain.

4. Satu Persen

Satu Persen yang baru didirikan pada Januari 2019 telah memiliki pengikut sebanyak 1.45 juta. Ini menjadikan kanal Youtube Satu Persen sebagai satu kanal Life-school terbesar di Indonesia.

Konten yang disuguhkan dalam kanal ini antara lain seputar kemampuan dasar kehidupan, pemahaman diri, hubungan sosial, makna hidup, serta produktivitas dan karir. Tema-tema itu dibawakan secara ringan sehingga bisa dinikmati semua kalangan.

Beberapa contoh konten di Satu Persen adalah “Rahasia Mengontrol Diri Sendiri Ala Filsafat Stoic”, “2 Tipe Krisis Hidup di Umur 20an”, “Filosofi Pendidikan dari Ki Hadjar Dewantara”, “Cara Mengatasi Overthinking Ala Socrates”, dan lain-lain.

5. Inspect History

Kanal Youtube Inspect History didirikan pada 22 Juli 2018, kini telah memiliki sebanyak 394 ribu pengikut. Kanal Youtube ini menghadirkan konten berbasis sejarah dengan analisa yang mendalam.

Walau menghadirkan analisa yang tajam, konten-konten sejarah dalam kanal Youtube ini mudah dipahami. Mereka berharap penontonnya bisa mengambil kesimpulan dengan bijak dari setiap kontennya dan menjalani hidup yang lebih baik dengan mempelajari sejarah.

Beberapa contoh kontennya adalah “Penyebab Utama Amerika Serikat Sering Perang”, “Mengapa Pertempuran Sejarah Bisa Terjadi?”, “Kisah Pahlawan Wanita yang Terlupakan”, “Mengapa dalam Sejarah: VOC bisa Menguasai Indonesia?”, dan lain-lain.

Itulah 5 rekomendari kanal Youtube menyenangkan yang akan menambah pengetahuan teman-teman Edura News.