Thiel dan Mengapa Bisnis Harus Monopoli?

0
16

Apakah bisnis yang bagus harus monopoli?

Ada hal yang sangat menggelitik dalam sebuah pikiran Peter Thiel, dan mungkin saja ini resep yang menarik dalam memandang sebuah bisnis yakni apakah bisnis yang bagus  harus monopoli? Thiel sepertinya memberikan hal yang tak terduga bagi sebuah bisnis jika ingin memenangkan sesuatu, ‘jangan berkompetisi’ sebisa mungkin adalah monopoli’. 

Mengapa kita sangat senang berkompetisi? Bagi Thiel, ini berkaitan dengan apa yang diajarkan oleh sekolah. Sekolah dan masyarakat kita mengajarkan selalu berkompetisi dan mengejar sesuatu yang berbeda. Hal ini disadari Thiel bahwa sekolah kita mengajarkan kompetisi dan menyukai sebuah persaingan. 

Dalam sebuah bisnis, apalagi bisnis yang akan memenangkan pertarungan, Peter Thiel menganjurkan sebuah ‘monopoli’, menghindari segala persaingan. Sehingga bisnis yang dihasilkan sangat spesifik dan sulit dikalahkan. 

Thiel mencontohkan Google dan Tesla. Google adalah contoh perusahaan yang menjalankan bisnisnya dengan monopoli. Cerdiknya, Google tidak menyatakan secara gamblang bahwa mereka adalah perusahaan yang monopoli. 

Ini juga yang menyadarkan Thiel agaknya, banyak perusahaan yang memiliki klaim bisnis yang baik dan memiliki ‘produk’ nomor satu, tetapi sesungguhnya memiliki bisnis dan produk yang lemah. Karena mereka terlalu fokus pada persaingan.  

Tesla dengan kejeniusan Elon Musk juga disukai Thiel. Terkadang bisnis yang baik adalah dimulai atau tumbuh dari komunitas kecil namun memiliki kekuatan monopoli yang dahsyat. 

Inilah yang dilakukan Elon dengan Tesla, menyasar komunitas-komunitas spesifik orang-orang kaya yang menginginkan mobil yang mewah dan tentunya ada sentuhan ‘green’ yang akan menunjukan identitas ‘mewah’ mereka. Saking monopolinya bisnis mereka, tentunya dengan kekuatan teknologi di belakangnya yang sulit ditiru dan digandakan.  

Sebagai investor kawakan, agaknya Thiel yang juga penulis buku Zero to One ini memberikan kita pandangan yang berbeda mengenai bisnis; sebisa mungkin monopolilah! Yang akan memberikan ketakterhinggaan nilai yang akan mempengaruhi orang-orang banyak.