MMPT Sekolah Pascasarjana UNJ Selenggarakan Seminar Bertajuk “Transformasi Manajemen Pendidikan Tinggi untuk SDGs”

0
25

EDURANEWS, JAKARTA: Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Tinggi (MMPT) Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ), sukses menyelenggarakan Seminar Nasional bertema “Transformasi Manajemen Pendidikan Tinggi dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)” pada hari Selasa, 8 Juli 2025. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, yakni daring melalui Zoom dan luring di lantai 6 Gedung Sekolah Pascasarjana UNJ, dengan dihadiri lebih dari 300 peserta dari berbagai kalangan.

Seminar ini dibuka secara resmi oleh Direktur Sekolah Pascasarjana UNJ, Prof. Dr. Dedi Purwana E.S., M.Bus., yang menekankan pentingnya peran pendidikan tinggi dalam mendukung agenda pembangunan berkelanjutan. Ketua penyelenggara sekaligus Koordinator Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, Prof. Dr. Netti Karnati, M.Pd., menyampaikan bahwa seminar ini merupakan bentuk nyata kontribusi akademik dalam mendukung pencapaian SDGs melalui transformasi manajemen pendidikan tinggi.

Tiga narasumber utama hadir memberikan perspektif strategis:

Lalu Hadrian Irfani, ST., M.Si., Wakil Ketua Komisi X DPR RI, membawakan materi bertajuk “Manajemen Pendidikan Tinggi Berbasis Good Governance dan Akuntabilitas”. Dalam paparannya, ia menekankan pentingnya transparansi dan tata kelola yang baik dalam institusi pendidikan tinggi. Sesi ini dimoderatori oleh Prof. Dr. Suryadi.

Prof. Dr. Mukhamad Najib, S.TP., M.Si., Direktur Kelembagaan Kemendikbudristek, menyampaikan topik “Peran Pendidikan Tinggi dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Unggul dan Berdaya Saing Global”. Ia menyoroti pentingnya sinergi antara kebijakan kelembagaan dan pengembangan SDM. Sesi ini dipandu oleh Dr. Rihlah Nur Aulia, MA.

Dr. Moch. Sofwan Effendi, M.Ed., membawakan materi “Kolaborasi Perguruan Tinggi di Dunia”, yang menekankan pentingnya kerja sama lintas negara dalam menghadapi tantangan global pendidikan tinggi.

Peserta seminar terdiri dari perwakilan pimpinan LLDIKTI, dosen dari berbagai perguruan tinggi, mahasiswa S1, S2, dan S3, serta pemerhati pendidikan. Diskusi yang berlangsung interaktif menghasilkan berbagai rekomendasi strategis yang dirumuskan dalam bentuk naskah akademik sebagai output akhir seminar.

Kegiatan ini menjadi momentum penting dalam memperkuat peran pendidikan tinggi sebagai motor penggerak pembangunan berkelanjutan di Indonesia dan dunia.