Perpustakaan Digital Lengkap yang Gratis dan Mudah Diakses

0
6167
Sumber gambar: Freepik.com

EDURA NEWS, JAKARTA – Untuk menambah pengetahuan atau mencari referensi tugas, siswa dan mahasiswa bisa memanfaatkan perpustakaan digital secara gratis. Dengan adanya pembatasan kegiatan di luar pada masa pandemi ini, kita tidak harus datang ke perpustakaan secara langsung untuk membaca buku atau artikel yang kita butuhkan.

Kita hanya harus mendaftar menjadi member untuk bisa mengakses koleksi buku, artikel, dan karya tulis lainnya di aplikasi di bawah ini. Berikut ini beberapa perpustakaan digital yang bisa diakses secara gratis.

  1. iPusnas

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia merilis iPusnas untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses perpustakaan. iPusnas adalah aplikasi perpustakaan digital yang bisa teman-teman andalkan untuk mencari buku dan artikel yang ingin dibaca.

Aplikasi iPusnas bisa diunduh di Play Store, App Store, serta di situs www.ipusnas.id. Teman-teman hanya perlu mendaftar sebagai anggota dengan email atau akun Facebook untuk bisa mengakses koleksi di iPusnas.

Walau begitu, seringkali stok buku yang ingin kita pinjam habis, maka kita akan masuk ke dalam daftar antrean. Jika buku telah tersedia kembali, maka kita bisa langsung meminjam dengan mengunduhnya.

  1. EPerpusdikbud

EPerpusdikbud diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Aplikasi ini bisa menjadi solusi lain untuk membaca buku atau artikel yang kita butuhkan. Tak kalah dengan iPusnas, aplikasi ini memiliki lebih dari 200.000 koleksi dari berbagai kategori.

EPerpusdikbud bisa diunduh di Play Store. Untuk mengaksesnya, teman-teman bisa mendaftarkan diri di aplikasi tersebut. Cara untuk meminjam koleksi di aplikasi ini sangat mudah, teman-teman hanya perlu menekan “Pinjam” di buku yang teman-teman pilih. Setelah itu, aplikasi akan mengunduh secara otomatis buku tersebut.

  1. iJakarta

Aplikasi iJakarta menjadi aplikasi perpustakaan digital pertama di Indonesia, kehadirannya telah ada sejak tahun 2015. iJakarta dirilis oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi DKI Jakarta yang bekerja sama dengan PT Woolu Aksara Maya sebagai pengembang aplikasi.

iJakarta bisa jadi solusi lain selain iPusnas dan EPerpusdikbud. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Play Store. Cara mendaftarnya pun sama, teman-teman bisa menggunakan email atau akun Facebook. Cara meminjamnya pun mudah, teman-teman bisa menekan “borrow” di bawah buku yang ingin dibaca. Buku tersebut akan otomatis terunduh.

Yang paling menarik di aplikasi ini adalah teman-teman bisa berinteraksi dengan sesame pengguna iJakarta. Teman-teman bisa menulis ulasan buku-buku yang telah dibaca serta merekomendasikannya dengan teman baru.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi perpustakaan digital gratis yang cukup lengkap. Penggunaannya yang mudah bisa menjadi andalan teman-teman untuk menambah pengetahuan dan mencari referensi tugas.