Rektor UNJ: Meraih Status PTNBH, UNJ Siap Terapkan Budaya Kerja Baru

0
6
Foto: Rektor UNJ Prof Komarudin saat memberikan sambutan sekaligus Pidato pada pagelaran wisuda UNJ tahun akademik 2023/2024.

EDURANEWS, JAKARTA-Dalam sambutan pada pagelaran wisuda Universitas Negeri Jakarta tahun akademik 2023/2024 Rektor UNJ Prof Komarudin menyebutlkan bahwa status PTNBH akan membawa UNJ pada budaya kerja baru.

Menurut Prof Komarudin pada tanggal 14 Agustus 2024  telah terbit PP Nomor 31 Tahun 2024 tentang PTNBH UNJ. “Artinya sejak tanggal tersebut UNJ resmi bertransformasi dari Perguruan Tinggi BLU ke Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH). Sebagai PTNBH,” ungkpanya.

Menurut Prof Komarudin transformasi tersebut telah mendorong UNJ mengemban misi sebagai institusi pengetahuan-kebudayaan untuk membangun peradaban dan sebagai institusi otonom yang diharapkan mampu mendorong produk hilirisasi ilmu pengetahuan  dan hasil riset dalam mencapai kemandirian.

“Manfaat utama dari hilirisasi ini adalah penguatan daya saing sektor-sektor ekonomi/industri, melalui knowledge-based innovation, katanya.

Menurut Prof Komarudin bahwa budaya kerja baru adalah upaya menghadirkan kepemimpinan transformatif-kolaboratif, profesionalisme kerja, lingkungan kerja yang kondusif-dinamis, rasa memiliki yang tinggi pada UNJ, trasnformasi organisasi budaya dan cara pandang seluruh civitas akademika UNJ, serta penerapan sistem reward and punishment yang tegas.

“Dari enam hal ini, kepemimpinan transformatif-kolaboratif merupakan unsur utama dalam mewujudkan budaya kerja baru,” terangnya.

Selain itu Prof Komarudin juga mengharapkan bahwa budaya kerja baru tersebut dapat membentuk kapabilitas, kapasitas, karakter, kredibilitas, kreatif, kompetitif, kompetibel, dan komitmen bagi seluruh civitas akademika.

Rektor UNJ berharap dengan budaya kerja baru ini kemandirian dapat diraih tidak hanya sebagai budaya kerja tetapi juga dalam dalam mencapai reputasi sebagai kampus kelas dunia.