Dongkrak Minat Baca, Dosen UNJ Luncurkan Buku Metode Penelitian Terapan

0
33
Foto: sampul buku Metode Penelitian Terapan karya Prof Neneng Siti Silfi Ambarwati, Dr. Nurul Hidayah, S.Pd., M.Pd, dan Dra. MariOkataniArmandari, MKM.

EDURANEWS, JAKARTA-Dosen Program Studi D4 Kosmetik dan Perawatan Kecantikan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta luncurkan buku metode penelitian terapan di Gedung IKK, Kampus UNJ (25/05).

Menurut Prof Neneng Siti Silfi Ambarwati salah satu penulis mengatakan budaya membaca dikalangan mahasiswa yang rendah menjadi salah satu ketertarikan menerbitkan buku metode penelitian.

“Ketertarikan membaca buku rendah ditambah buku metode penelitian, sehingga perlu stimulus buku yang mudah dipahami melalui diksi dan visualisasi,” ungkapnya.

Menurutnya lewat pengenalan diksi yang mudah dipahami oleh mahasiswa lengkap dengan visualisasi diharapan dapat mengundang ketertarikan minat membaca ditambah buku yang mungkin sulit untuk dipahami secara singkat seperti buku metode penelitian.

Dirinya menambahkan padahal di sisi lain buku menjadi media penting sekaligus utama bagi mahasiswa untuk belajar di perguruan Tinggi, terutama untuk memahami mata kuliah metode penelitian terapan.

Selain itu menurut Nurul Hidayah selaku anggota tim penulis mengatakan bahwa kenyataan minat baca yang rendah juga didukung oleh data Programme for International Student Assesment (PISA) dan Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) terdapat 70 persen siswa di Indonesia yang memiliki kemampuan literasi yang rendah terkait numerasi, literasi, dan literasi sains.

Menurutnya dengan hadirnya buku tersebut diharapkan akan memantik minat baca para mahasiswa dan mendalami ilmu pengetahuan terkait bidang metode penelitian dapat dipahami secara mudah dengan bahasaa yang sederhana.

Dirinya menambahkan bahwa buku ini didanai oleh Sunber Dana BLU Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta tahun 2024 dan juga menjadi buku pedoman pembelajaran bagi mahasiswa.

Pada kesempatan itu Mari Okatini Armandari juga menambahkan bahwa bukunya itu membahas tentang metode penelitian terapan sebagai panduan bahan ajar mahasiswa dalam meta kuliah Metode Penelitian dan melakukan penelitian di lingkungan kampus.

Dirinya berharap buku ini dapat diterima dengan baik oleh mahasiswa dan memberikan kritik dan saran untuk pengayaan pembahasan yang lebih baik lagi kedepannya.