Dikukuhkan Jadi Guru Besar Prof Taufik Angkat Orasi Ilmiah Pendidikan Jasmani Sebagai Dasar Indonesia Sehat 2045

0
14
Foto: Prof Taufik Rihatno saat menyampaikan orasi ilmiah pengukuhan guru besarnya di Aula Latief Hendraningrat, Kampus UNJ (31/07).

EDURANEWS, JAKARTA-Prof Taufik Rihatno dikukuhkan sebagai guru besar tetap bidang ilmu pembelajaran pendidikan jasmani, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta dan bawakan orasi ilmiah bertema “Pendidikan Jasmani Sebagai Dasar Indonesia Sehat 2045 di Aula Latief Hendraningrat, Kampus UNJ (31/07).

Menurutnya pendidikan jasmani merupkan bagian integral dari keseluruhan proses pendidikan. Prof Taufik mengungkapkan olah raga yang juga mengutip Komisi American Society for Physycal Education (NASPE) memiliki manfaat bagi kesehatan fisik, kesehatan mental dna kinerja, asosiasi karakter sosial, ekspresi dan kontrol emosi, serta apresiasi.

“Pendidikan jasmani merupakan pendidikan melalui aktivitas yang menitikberatkan pada pencapaian seluruh bidang pembelajaran seperti kognitif, emosional, dan psikomotorik,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan kesehatan baik fisik maupun mental merupakan salah satu pilar utama untuk mencapai kemajuan suatu bangsa.

Contoh sederhana Prof Taufik gambarkan adalah kesehatan fisik yang baik akan mempengaruhi akses pendidikan. “Anak-anak yang sehat memiliki tingkat kehadiran di sekolah yang lebih tinggi dan mampu belajar lebih efektif,” ungkpnya.

Menurutnya masa depan perlu dilakukan melalui pendekatan yang holistik dan berkelanjutan terhadap bidang kesehatan. “Indonesia dapat membangun fondasi yang kokoh untuk masa depan yang lebih sehat dan lebih makmur,” pungkasnya.