Pesan Menteri Pendidikan, kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim Pada PKKMB UNJ 2023

0
82
Foto: Video sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim pada kegiatan PKKMB UNJ 2023 di Stadion Atletik, Velodrome, Jakarta Timur.

EDURANEWS, JAKARTA-Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam sebuah video menyampaikan apresiasi kepada para mahasiswa baru yang hadir dalam Kegiatan Penganalan Kehidukan Kampus untuk Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023.

Menurut Nadiem dalam video itu menyebut Perguruan Tinggi dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa untuk mampu berkontribusi dalam kehidupan nyata.

Pasalnya menurut Nadiem di kampus mahasiswa tidak sekedar dituntut mendalami keilmuannya, tetapi juga kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, kreativitas dan problem solving.

“Guna meraih kemampuan tersebut saat ini Kemendikbudristek tengah meluncurkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ungkapnya.

Menurut Nadiem program MBKM menjadi terobosan dalam memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat belajar di luar kampus guna memperkaya pengetahuan dan pengalaman.

Tidak hanya itu Nadiem menjealskan bahwa beberapa program unggulan MBKM diantaranya magang di perusahaan multi nasional, mengajar di sekolah, membangun desa, mengerjakan proyek riset dan wirausaha, dan pertukaran mahasiswa baik dalam maupun luar negeri.

“Sebanyak 470 ribu mahasiswa telah menjadi penerima manfaat program MKBM dan jumlah itu peminatnya terus bertambah,” katanya.

Dalam penutup sambutannya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim juga mengajak para mahasiswa baru untuk menjadi bagian dari program MKBKM.

PKKMB UNJ 2023 terlaksana di Stadion Atletik, Velodrome, Jakarta Timur dan dihadiri sebanyak 5.496 mahasiswa baru peserta PKKMB dari 8 Fakultas.

Kegiatan itu menjadi bagian penting bagi mahasiswa baru untuk lebih mengenal kampusnya baik dosen, pimpinan dan lembaga serta  teman satu dengan lainnya secara bersamaan.