Status PTNBH UNJ Memasuki Tahap Verifikasi Kelayakan

0
174
Foto: Rektor Universitas Negeri Jakarta menyampaikan smabutan dalam kegiatan "Evaluasi Lapangan dan Klarifikasi Hasil Evaluasi Dokumen Usulan PTN Badan Hukum UNJ"

EDURANEWS, JAKARTA-Status PTNBH UNJ saat ini tengah memasuki fase verifikasi kelayakan, fase ini menurut Prof Tjitjik Srie Tjahjandarie selaku PLT Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi sebagai tahap konfirmasi sejauh mana kesiapan UNJ menjadi PTNBH.

Kegiatan “Evaluasi Lapangan dan Klarifikasi Hasil Evaluasi Dokumen Usulan PTN Badan Hukum UNJ” dilaksanakan secara hybrid di Aula Latief, Kampus UNJ (26/07).

Foto:Prof Tjitjik Srie Tjahjandarie selaku PLT Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi

Selanjutnya menurut Tjitjik setelah tahap visitasi lapangan telah dianggap selesai kemudian akan diproses kembali oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk dilakukan telaah dan kemudian dilakukan penyusunan RPP (Rancangan Peraturan Pemerintah) yang melibatkan antar kementerian.

“Pada tahap ini sebenarnya kita menilai bahwa UNJ sudah memiliki kesiapan dan persiapan untuk menjadi PTNBH,”katanya.

Tjitjik menyebut masih ada tahap lanjutan yang harus dipersiapkan UNJ terkait perangkat pendukung PTNBH lainnya, agar penetapan statuta UNJ bisa bersinergi dan berjalan beriringan dengan RPP yang tengah diproses oleh kementerian.

Tjitjik juga mengingatkan bahwa governance merupakan kunci kesuksesan kampus PTNBH. Menurutnya, governance merupakan kunci mencapai kinerja yang lebih baik dalam tata kelola Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

“Jadi baik dari PTN Satuan Kerja maupun BLU menjadi PTNBH kuncinya adalah governance,”katanya.

Tjitjik juga menghimbau dalam proses transisi dari PTN-BLU (Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan UMUM) menjadi PTNBH (Perguruan Tinggi negeri Badan Hukum) harus membereskan semua pekerjaan rumah masa lalunya karena memasuki PTNBH semuanya akan bermula dari lembaran baru.

Rektor UNJ Profesor Komarudin optimis bahwa kampus UNJ sudah siap melakukan transisi menjadi PTNBH. dirinya menyebut, UNJ memiliki beragam pusat unggulan yang memungkinkan menjadi pendapatan universitas setelah menyandang status PTNBH.

Rektor UNJ menyebut untuk dapat mempercepat proses transisi ini, proses kolaborasi dapat dilakukan dengan menggandeng lembaga negara dalam rangka memetakan baik aset maupun aturan perundang-undangan yang ada.

Melalui kegiatan bersama tim penyelaras PTNBH yang diketuai oleh Profesor Ucu Cahyana selaku Ketua LPPM UNJ dalam acara bertema “Evaluasi Lapangan dan Klarifikasi Hasil Evaluasi Dokumen Usulan PTN Badan Hukum UNJ” diharapkan fase ini dapat menejadi pembelajaran agar dalam menghadapi status PTNBH tidak gagap.

“Hadir semua tim penyelaras untuk mendukung semua proses PTNBH agar ketika sudah PTNBH kami tidak gagap,”kata Rektor.