UNJ Selenggarakan Kejuaraan Nasional UNJ Championship Pickleball 2022

0
451
Foto: Dr. Abdul Sukur M.Pd Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni tengah memberi sambutan dan membuka pelaksanaan kejuaraan nasional pickleball

Eduranews, Jakarta-Universitas Negeri Jakarta selenggarakan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) UNJ Championship Pickleball 2022. Kejuaraan itu dilaksanakan di Kampus B, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (24/03).

Foto: Dr. Susilo Sekjen Indonesian Pickleball Federation (IPF) sekaligus ketua pelaksana kejurnas UNJ Championship Pickleball 2022

Kejuaraan nasional pickleball itu turut diikuti oleh 234 peserta dari 18 Provinsi dengan lima kategori peserta yaitu pelajar, kelompok umur 16-18 tahun,  kelompok umur 19 tahun ke atas, dan kelompok umur 50 tahun ke atas.

Menurut Dr. Susilo Sekjen Indonesian Pickleball Federation (IPF) sekaligus ketua pelaksana kejurnas UNJ Championship Pickleball 2022 menyebut kejuaraan olahraga pickleball sudah lima kali mengadakan kejuaraan nasional sejak berdirinya cabang olahraga itu di Indonesia pada tahun 2019.

“Pickelball diperkenalkan di Indonesia dari tahun 2019 dan perkembangan saat ini sudah tersebar di 27 provinsi,”katanya.

Dirinya berharap olahraga pickleball dapat diterima sebagai anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) baik di Provinsi maupun di level pusat.

“Kedepan RAT KONI Pusat tahun ini diagendakan untuk penerimaan cabang olahraga, semoga pickelball bisa masuk sebagai anggota KONI Pusat dan daerah,”katanya.

Sebelum menutup pidatonya, Susilo juga menyampaikan bahwa persiapan baik dari sarana dan prasarana sudah sangat baik. Dirinya menyebut, kejuaraan nasional itu diikuti oleh wasit yang pernah mendapat pelatihan pertama kali dari 23 Provinsi yang langsung berpraktek pada kejuaraan nasional pickleball UNJ Championsip 2022.

“Pelatihan wasit nasional pickelball yang pertamakali diikuti oleh 23 provinsi dan langsung praktek mengemban tugas pada kejuaraan kali ini,”katanya.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Firdaus yang hadir dalam kejuaraan itu turut serta memberi apresiasi terutama pada para pengurus olahraga pickleball baik di level nasional maupun DKI Jakarta.

Ahmad Firdaus berharap cabang olahraga pickleball yang baru di Indonesia itu bisa sejajar dengan olahraga lainnya.

“Kita berharap pickelball bisa menjadi salah satu anggota KONI DKI Jakarta, dan menjadi andalan Provinsi DKI Jakarta pada event tingkat nasional maupun internasional,”katanya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta itu juga sangat mendukung perkembangan olahraga pickleball dengan memberikan rekomendasi kepada seluruh gelanggang olahraga di DKI Jakarta agar dapat mengaktifkan olahraga pickleball.

“Kita akan koordinasikan kepada dinas terkait sehingga olahraga pickelball bisa sejajar dengan olahraga lainnya.”katanya.

Ahmad Firdaus berharap kedepan kejuaraan nasional pickleball bukan saja bisa dilaksanakan di UNJ, akan tetapi dilaksanakan di Provinsi DKI Jakarta.

Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yang juga mewakili Rektor UNJ, Dr. Abdul Sukur turut memberi apresiasi penyelenggaraan pickleball UNJ Championship 2022 yang terselenggara di kampus UNJ.

“Dalam waktu tiga tahun sudah menjalar ke 27 Provinsi, perjuangan yang luar biasa,”katanya.

Menurut Abdul Sukur, perjuangan lanjutan dari cabang olahraga pickleball saat ini adalah agar cabang olahraga itu mendapat keanggotaan baik dari KONI Pusat maupun KONI Provinsi agar dapat turut andil dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON).

Abdul Sukur berharap, keikutsertaan dari 27 Provinsi saat ini dapat menyebar lagi keseluruh Provinsi di Indonesia serta berharap kompetisi Pickleball UNJ Championship 2022 dapat memunculkan atlet-atlet unggul yang mampu mewakili Provinsi maupun bangsa Indonesia dikancah dunia.