Era Kecakapan Informasi, LP3 UNJ Bekali Tendik Keterampilan Jurnalistik

0
119
Foto: Kanan atas, Rektor UNJ Prof. Komarudin M.Si, kedua dari kanan atas, Dr. Mohammad Zid M.Si Ketua LP3 UNJ, dan kiri atas MC Santi Rahmawati acara. selanjutnya bawah kanan pemateri satu Zulham M.Si Dosen Jurnalistik Olahraga dan Komunikasi FIK UNJ, tengah, Dr. Novi Marlina Ketua Pelaksana Pelatihan dan Profesor Biudiaman, paling bawah pemateri kedua Dr. Andi Mulya Pegiat Literasi Menulis, Wartawan, dan Penulis. Novel, dan kolumnis.

EDURANEWS, JAKARTA: Lembaga Pengembangan, Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) selenggarakan kegiatan pelatihan jurnalistik bagi tenaga kependidikan (tendik) di lingkungan UNJ.

Pelatihan tersebut berlangsung selama dua hari kedepan 02 s/d 03 Februari 2022 dengan materi seputar pengantar jurnalistik, memahami siaran pers sebagai produk jurnalistik kontemporer, teknik menulis siaran pers dengan metode 5W +1H, serta soal strategi siaran pers layak muat di media massa dan membina hubungan dengan media massa.

Menurut Rektor UNJ, Prof Komarudin, Pelatihan tersebut merupakan bekal bagi tendik hadapi era kecakapan informasi serta upaya membesarkan institusi dengan keterlibatan informasi.

“Informasi harus kita kuasai dan terlibat dalam membanjiri informasi tentang bagaimana UNJ berkiprah serta berprestasi harus ditumpahkan kepada publik agar mereka memahami citra UNJ,” katanya.

Baca Juga: Labschool Menyelenggarakan PSB secara Daring Cegah Penyebaran Omicron

Rektor UNJ juga menyampaikan kedepan semua unit kerja harus menyampaikan informasi hasil kegiatan berkoordinasi dengan Humas UNJ agar dapat terpublikasi. Hal itu menurutnya sangat penting mengenalkan UNJ kepada publik.

“Makin banyak kegiatan akan semakin mengenalkan UNJ kepada publik,” katanya.

Rektor UNJ juga menyerukan agar Kabar UNJ sebagai majalah kampus dapat hidup dan terlibat membanjiri media informasi publik.

“Siapa yang menguasai informasi, maka dia akan menguasai dunia,” jelasnya.

Ketua LP3 UNJ Dr. Muhammad Zid mengapresiasi terselenggaranya pelatihan jurnalistik. Menurutnya, hal itu dapat menjadikan tendik piawai membuat naskah berita.

“Kita jangan hanya sebagai konsumen berita akan tetapi bisa jadi produsen informasi,” tegasnya.

Zid menambahkan pentingnya keterampilan menulis berita dalam meningkatkan citra positif suatu organisasi. Dirinya berharap kegiatan positif ini dapat terus berjalan dan berkesinambungan,

“Menaikan citra positif adalah tanggung jawab kita bersama dalam rangka mendukung cita-cita UNJ menjadi kampus unggul dan bereputasi di kawasan Asia,” jelasnya.

Menurut Ketua Pelaksana Dr. Novi Marlina menyebut pelatihan tersebut diikuti oleh semua tendik dilingkungan Fakultas dan Universitas.

Dirinya berharap pelatihan tersebut dapat mengasah keterampilan pemahaman, pengetahuan agar cakap menulis berita untuk kemajuan Universitas.