Pembukaan UNJ Open 2021: Membingkai Silaturahmi Dalam Kejuaraan Olahraga

0
120
Foto: Rektor UNJ Prof. Dr. Komarudin M.Si Keenam dari Kiri. Beserta Para Atlit Kelas Eksekutif UNJ Open 2021

EDURANEWS,Jakarta:17/09/21 UNJ menyelenggarakan pembukaan UNJ Open 2021 di Gelanggang Olahraga Universitas Negeri Jakarta. Pembukaan pekan olahraga bulu tangkis nasional tersebut adalah upaya merajut silaturahmi perguruan tinggi LPTK Indonesia.

Selama pandemi covid-19, olahraga dan kejuaraan olahraga bulu tangkis nasional mulai kehilangan “gairah” akibat pembatasan sosial masyarakat. seiring menurunnya kasus covid-19 saat ini, pelaksanaan kegiatan pekan olahraga bulu tangkis UNJ Open 2021 diharapkan menjadi “gairah baru” bagi atlit bulu tangkis. Baik pada kelas eksekutif, kelas prestasi dan kelas bebas.

Menurut Drs. Endang Darajat M.KM dalam laporan pelaksanannya menjelaskan bahwa kejuaran UNJ Open 2021 ini melibatkan tiga kelas pertandingan. Pertama, kelas eksekutif yang diikuti oleh pimpinan Universitas seperti Rektor ataupun Wakil Rektor yang mewakili. Atau mantan pimpinan universitas yang pernah menjabat. Kedua adalah kelas prestasi yang diikuti oleh dosen dan tendik serta ketiga adalah nomor bebas dimana diikuti oleh raja-raja tarkam.

“Dalam sejarah pertandingan tarkam. Hari ini hadiahnya lebih besar dari kejuaraan tarkam sebelum-sebelumya. Oleh sebab itu, antisiame atlit bulu tangkis tarkam begitu besar untuk terlibat.”Ujar Endang Darajat dalam sambutannya.

Drs. Endang Darajat M.KM merupakan ketua pelaksana kegiatan UNJ Open 2021. Ketua dari Edura Sport UNJ induk dari Unit Usaha Edura UNJ.  saat ini aktif sebagai dosen fakultas olahraga UNJ.

Menuru Rektor UNJ Prof. Dr. Komarudin, M.Si. Dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih Kepada jajaran Rektor dan Wakil Rektor Universitas. Serta para atlit yang akan terlibat pada kejuaraan pekan olahraga bulu tangkis UNJ Open 2021.

“Semua pemain mantan pelatnas akan hadir pada pekan olahraga bulu tangis UNJ Open 2021 ini. Termasuk raja tarkam (yang dimaksud) mahasiswa UNJ yang kalau di youtube namanya viral yaitu Juan elgiffani. Sudah pernah main di Makassar dan saat ini akan mengenakan Jersey UNJ.”Ujar Rektor UNJ Prof. Dr. Komarudin M.Si

Foto: Rektor UNJ Prof. Dr. Komarudin M.Si Tengah Memukul Gong Sebagai Simbolisasi Pembukaan Kegiatan UNJ Open 2021

Rektor UNJ juga menyampaikan bahwa meski sudah lewat, momentum kegiatan ini juga untuk memperingati hari besar. Seperti dies natalis UNJ, peringatan 17 Agustus dan hari olahraga nasional.  Rektor UNJ juga mendapat amanat dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menunjuk UNJ untuk melakukan pengembangan sports science. Serta menjelaskan bahwa GOR UNJ terdapat banyak laboratorium guna pengembangan sports science.

Rektor UNJ juga mengingatkan bahwa pentingnya kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi. diantara insan olahraga. bukan hanya fakultas keolahragaan. Tetapi keluarga besar insan olahraga serta juga diharapkan menggairahkan olahraga di masa pandemi covid-9 ini, Ujar Rektor UNJ dalam sambutannya.

Kegiatan pembukaan pekan olahraga bulu tangkis UNJ Open 2021 dilaksanakan berdasarkan protokol kesehatan secara ketat dan terlaksana secara terbatas. Rektor menghimbau kesehatan adalah yang utama. “Protokol seperti pemain harus melakukan hasil lab tes covid-19, hanya saat bertanding boleh melepas masker dan duduk berjarak harus dipatuhi. Ujar Rektor UNJ.

Harapan Event Terus Berlanjut

Octo Dendi Andrianto S.Pd, M.Pd salah seorang dosen Universitas Negeri Surabaya. Dirinya mengikuti kelas pertandingan umum pada pekan olahraga bulu tangkis UNJ Open 2021. Octo Dendi berpasangan dengan Danang dari universitas yang sama.

Event ini bisa membangun semangat di bidang olahraga bagi para akademisi. Bagi kami, ini event yang menarik. Saya kira perlu untuk sering diadakan. Karena selain ajang menyambung silaturahmi, juga dapat membangkitkan sportivitas dan saling berkomunikasi bagi akademisi keolahragaan.

Octo Dendi mengatakan sudah mempersiapkan serangkaian pelatihan dalam menghadapi turnamen  UNJ Open 2021 ini. Melalui gelanggang olahraga UNESA secara fisik mandiri maupun bersama-sama. Seperti dengan dosen, tendik dan mahasiswa untuk bekal menghadapi pekan olahraga bulu tangkis UNJ Open 2021.

Baca Juga: PMMDN dan Permata Merdeka UNJ 2021: Melepas dan Mendatangkan Insan Pembelajar Merdeka

Prof. Dr. Karta Jayadi M, Sn. Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Negeri Makassar menyadari penurunan angka penularan kasus covid-19 di Jakarta. Sehinga olahraga silaturahmi ini baru memungkinkan dilaksanakan.

“Dalam pertandingan eksekutif ini memang tidak ada pelatihan khusus untuk menghadapi UNJ Open 2021. Kecuali pada kelas pertandingan kategori prestasi maupun bebas, saya rasa sudah ada pelatihan khusus.” Ujarnya.

“Akan tetapi pada kelas pertandingan eksekutif ini juga memiliki nilai prestisius. Lantaran melibatkan berbagai universitas LPTK yang mewakili pulau-pulau besar di Indonesia. Jadi dari pertandingan eksekutif ini yang diutamakan silaturahminya.”Imbuhnya.

Menurut Karta Jayadi bahwa dirinya mengunggulkan tim dari Universitas Negeri Jakarta  sebagai lawan yang  sulit ditaklukan. Kenyataan ini dilihat dari kesiapan UNJ menyelenggarakan pekan olahraga bulu tangkis UNJ Open 2021. Serta UNJ dipandang memiliki “taktik jitu”  menguasai permainan dalam prediksi Kerta Jayadi.

Selain itu Dr. Suarlin M.Si dari Universitas Negeri Makassar menyampiakan ada keingianan dari teman-teman perguruan tinggi agar kegiatan ini dapat bergilir dan berlanjut. Tentunya pada kampus-kampus lain dalam melanjutkan silaturahmi melalui olahraga.

“Dalam Technical meeting pra-kegiatan tadi, malah kampus Manado siap menjadi panitia selanjutnya. Bahkan bisa juga diadakan di Makassar agar bisa bersilaturahmi ke Makassar. Ujar Suarlin dengan penuh harap.