UNJ Gandeng Industri Perkuat Pendidikan Tinggi Vokasi

0
94
Penandatanganan Serah Terima Barang. Kiri, Dr.Totok BIntoro.M,Pd. Wakil Rektor 4 UNJ dan Kanan Haris Syahrudin Dirut PT. Elnusa Petrofin
Foto: Sisi Kiri Wakil Rektor 4 Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNJ Dr. Totok Bintoro, M.Pd. dan Kedua dari Kiri Haris Syahruddin Dirut PT. Elnusa Petrofin

EDURANEWS,Jakarta: Bertempat di Gedung University Training Center (UTC) UNJ tengah berlangsung seremonial kegiatan serah-terima hibah Head truk dari PT. Elnusa Tbk kepada UNJ. Kegiatan ini merupakan kunci perkuat pendidikan tinggi vokasi bersama dunia industri. Serta merupakan peringatan HUT ke-52 PT. Elnusa Tbk.

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh segenap jajaran PT. Elnusa Tbk dan anak perusahannya PT. Elnusa Petrofin, keduanya, merupakan anak perusahaan PT. Pertamina (Persero). Serta jajaran civitas akademika UNJ, Wakil Rektor, Dekan dan Ketua program Studi Teknik Mesin UNJ baik secara luring maupun daring.

Menjamin mutu lulusan yang unggul dan kompeten merupakan visi Universitas Negeri Jakarta saat ini. Pada tantangan era industri 4.0 universitas harus memiliki standarisasi untuk menjamin mutu lulusan.

Wakil Rektor 4 Bidang Perencanaan dan Kerjasama Dr. Totok Bintoro, M.Pd. Menyebut, standarisasi yang diperlukan meliputi standar isi, proses, evaluasi dan kompetensi. Termasuk standar tenaga pendidikan maupun sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi.

 

“Standarisasi sarana dan prasana adalah tantangan paling berat terutama untuk Fakultas Teknik. Bisa kita lihat pada saat teknologi berkembang pesat dari tenaga karburator ke injeksi. Ternyata karburatornya ada, namun sarana injeksinya kita belum ada untuk dipelajari. artinya kita tertinggal.” Ujar Totok Bintoro.

“Kolaborasi penyiapan sarana dan prasana pendidikan tinggi vokasi dengan PT. Elnusa dengan program CSR-nya akan memperkuat infrastruktur pendidikan tinggi vokasi UNJ dalam menghasilkan lulusan yang kompeten.” Lanjut Totok Bintoro.

Menurut Haris Syahrudin Direktur Utama PT. Elnusa Petrofin, menjelaskan bahwa Program penyerahan manfaat ini harapannya bisa memberikan manfaat terutama bagi fakultas Teknik UNJ. Terutama untuk melakukan praktik pembelajaran pengembangan tenologi otomotif.

Baca Juga: Beasiswa LPDP Pendidikan Magister dan Doktor Dibuka Hingga 8 September 2021

Menurut Haris Syahrudin pihaknya memiliki program bernama Petrofin pintar yang merupakan fokus kerjasama bidang pendidikan. Baik dalam menyediakan sarana dan fasilitas untuk menunjang pendidikan maupun dalam memberikan kesempatan sharing knowledge kepada mahasiswa terutama dengan program magang dengan PT. Elnusa Petrofin.

Totok Bintoro menyatakan bahwa Perguruan tinggi yang baik dan perguruan tinggi yang memiliki konsep lulusan berkompeten harus melakuan kerjasama pentahelix. Menurutnya, terdapat lima sinergi entitas pentahelix diantaranya yaitu kerjsama dengan perguruan tinggi, industri, pemerintah, masyarakat dan media.

Head truk ini berguna untuk memenuhi sarana pendidikan yang sudah ada dalam standar kompetensi. Standar sarana-prasarana dan laboratorium harus baik. kehadiran head truk ini untuk melengkapi sarana pendidikan jurusan teknik mesin UNJ agar dapat dimanfaatkan dalam pengembangan ilmu otomotif dari kendaraan kecil hingga besar. “Tutup Totok Bintoro usai ramah tamah dengan jajaran pengurus PT. Elnusa Tbk.