Penutupan Peksiminas ke XVII di UNJ, Kontingen Mahasiswa Jawa Tengah Jadi Juara Umum

0
6
Foto: Rektor UNJ Prof Komarudin bersama wakil rektor bersama pimpinan senat, wakil rektor dan ketua lembaga saat prosesi gala dinner di Aula latief Hendraningrat, Kampus UNJ.

EDURANEWS, JAKARTA-Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada tahun 2024 menjadi tuan rumah pagelaran Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) ke XVII. Peksiminas adalah puncak kegiatan kemahasiswaan di bidang pengembangan bakat dan minat dalam bidang seni tingkat nasional. Peksiminas merupakan kegiatan yang berkesinambungan guna memberikan wadah bagi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa dalam bidang seni, baik seni suara, seni pertunjukan, seni sastra, maupun seni rupa.

Peksiminas XVII yang berlangsung sejak tanggal 2-6 September 2024 berlokasi di Kampus A dan Kampus B, UNJ. Pada pembukaan Peksiminas XVII dihadiri oleh Kepala Puspresnas, Rektor UNJ, Ketua Umum BPSMI (Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia) Pusat secara daring, Para Rektor dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dari berbagai Perguruan Tinggi, Sekretaris Senat, Jajaran Wakil Rektor dan Ketua Lembaga, Jajaran Dekan, Direktur Pascasarjana beserta Wakil Dekan dan Wakil Direktur Pascasarjana, Jajaran Kepala Biro, Kepala Badan, Kepala Satuan dan Kepala UPT, Kepala LLDIKTI Wilayah I-XVII, Para Ketua BPSMI di berbagai provinsi, seluruh Dewan Juri Peksiminas 2024 serta seluruh peserta Peksiminas XVII.

Pada kesempatan ini, Andy Hadiyanto selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni sekaligus Ketua Pelaksana Peksiminas XVII melaporkan bahwa kegiatan Peksiminas merupakan kegiatan rutin 2 tahunan yang dipergilirkan dari satu provinsi ke provinsi yang lain. Pada tahun ini provinsi DKI Jakarta dan khususnya UNJ menjadi tuan rumah Peksiminas XVII. UNJ menerima amanah dari Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) untuk melaksanakan kegiatan Peksiminas XVII sejak Januari 2024, sejak itulah UNJ sudah bersungguh-sungguh dan berupaya semaksimal mungkin untuk mensukseskan kegiatan ini, ungkap Andy Hadiyanto.

Lebih lanjut Andy Hadiyanto mengatakan bahwa Peksiminas bukan hanya sekedar ajang kompetisi, tetapi juga merupakan momen penting bagi mahasiswa di seluruh Indonesia untuk saling berinteraksi, berbagi pengalaman serta memperkaya wawasan dalam berbagai bidang seni antara lain seni suara, pertunjukan, sastra hingga seni rupa. Peksiminas tahun ini diikuti oleh lebih dari 874 peserta dari 31 provinsi se-Indonesia, dengan rincian:

  1. Lomba Menyanyi Dangdut sebanyak 54 orang;
  2. Lomba Menyanyi Seriosa sebanyak 41 orang;
  3. Lomba Menyanyi Keroncong sebanyak 38 orang;
  4. Lomba Menyanyi Pop sebanyak 59 orang;
  5. Lomba Vocal Group sebanyak 220 orang;
  6. Lomba Membaca Puisi sebanyak 54 orang;
  7. Lomba Monolog sebanyak 28 orang;
  8. Lomba Tari sebanyak 171 orang;
  9. Lomba Penulisan Cerpen sebanyak 28 orang;
  10. Lomba Penulisan Lakon sebanyak 24 orang;
  11. Lomba Penulisan Puisi sebanyak 27 orang;
  12. Lomba Desain Kampanye Media Sosial sebanyak 26 orang;
  13. Lomba Seni Lukis sebanyak 28 orang;
  14. Lomba Komik Strip sebanyak 27 orang; dan
  15. Lomba Fotografi sebanyak 49 orang.

Setelah rangkaian perlombaan dilaksanakan, berdasarkan hasil akhir perolehan juara dan sekaligus penutupan kegiatan Peksiminas XVII pada 6 September 2024 ini dinyatakan kontingen mahasiswa Jawa Tengah sebagai Juara Umum. Selamat untuk para peserta yang berhasil meraih juara, dan tetap kita semua menjaga nilai budaya dan seni bangsa ini sebagai identitas bangsa dan negara, ungkap Andy Hadiyanto.

Sementara itu Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Puspresnas, BPTI dan BPSMI yang telah memberikan kepercayaan kepada UNJ untuk menyelenggarakan Peksiminas ke XVII. Meskipun waktu persiapannya pendek, mudah-mudahan kerja keras, koordinasi dan kesiapan keseluruhan panitia menghasilkan kegiatan yang baik penyelenggaraannya, memberikan makna dan manfaat terbaik bagi semua. Saya juga mengajak semuanya untuk mengedepankan nilai-nilai kejujuran sebagaimana makna dari lagu tema Puspresnas, yaitu ‘Jujur adalah Juara’. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Panitia Penyelenggara yang telah menyeleggarakan kegiatan ini serta memohon maaf atas segala kekurangan pada kegiatan ini, ungkap Prof. Komarudin.

Lalu Sri Suning Kusumawardani selaku Ketua Umum BPSMI (Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia) Pusat, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Peksiminas ke XVII di UNJ tahun ini merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu banyak pihak bertujuan untuk memperlihatkan ajang prestasi mahasiswa dan juga kreasi kreatifitas mahasiswa. Sri Suning memberikan apreasiasi setinggi-tingginya pada Perguran Tinggi, Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia, para pelatih, orang tua yang telah memberikan dukungan dan motivasi sampai bisa mengantarkan mahasiswa yang memiliki talenta seni yang hebat ke tingkat nasional. Sri Suning berharap dengan adanya Peksiminas akan mewujudkan generasi muda yang unggul, berprestasi di bidang seni dan budaya dan mampu membanggakan nama bangsa Indonesia serta karir di bidang seni. Atas nama Kemendikbudristek, Sri Suning mengucapkan terima kasih kepada Rektor UNJ serta jajaran dan panitianya yang telah bersedia menjadi tuan rumah dan mendukung penuh kegiatan Peksiminas XVII tahun 2024, ucap Sri Suning Kusumawardani.

Hal senada juga diungkapkan Maria Veronica Irene Herdjiono selaku Kepala Puspresnas yang mengungkapkan bahwa pada tahun 2021 Puspresnas menjadi salah satu satuan kerja di Kemendikbudristek yang bertujuan untuk menggawangi pengembangan talenta di Indonesia. Pada saat itu dibentuk tim percepatan kemajuan talenta di Indonesia, harapannya tahun ini yang diupayakan oleh Bappenas bersama tim satuan kerja dari lintas Kementerian bisa mewujudkan grand design manajemen talenta nasional demi mencapai Indonesia Emas 2045. Dalam grand design manajemen talenta nasional tersebut, ada 3 bidang yang diupayakan antara lain talenta bidang riset dan inovasi, bidang olahraga dan seni budaya. Penyelenggaraan Peksiminas ini merupakan salah satu dari 42 ajang yang diselenggarakan oleh Puspresnas, ungkap Maria Veronica Irene Herdjiono.

___________________________________________________________

Ditulis oleh: Syaifudin M. Kesos Dosen Prodi Pendidikan Sosiologi dan Sekretaris EDURA UNJ