PKKMB UNJ, Nadiem Anwar Makarim: Merdeka Belajar Kampus Merdeka Menjamin Keterbukaan Akses Belajar

0
18
Foto: Sambutan daring Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A saat di putar di tengah kegiatan PKKMB UNJ (19/08).

EDURANEWS, JAKARTA-Pidato daring Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A, singgung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka menjamin keterbukaan akses kepada seluruh mahasiswa dalam meraih kesuksesan saat penayangan bersama di Stadion Atletik, Rawamangun, Jakarta Timur (19/08).

Tidak lupa juga dalam sambutannya Nadiem turut mengapresiasi seluruh peserta PKKMB dan mengingatkan tentang kehidupan kampus yang menurutnya dinamis dan penuh lika-liku.

Namun demikian pula Nadiem mengenalkan kehidupan kampus sebagai tempat terbaik untuk mengasah jati diri juga untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan sebagai bekal menghadapi tantangan dunia dan mewujudkan cita-cita.

“Kesemaptan yang sudah semakin terbuka dengan adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka melalui  hak belajar di luar kampus selama maksimal 2 semster,” ungkapnya.

Menurutnya merdeka belajar juga menjamin beberapa kegiatan akademik yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa seperti diantaranya studi independen, pertukaran pelajar di dalam dan di luar negeri, proyek wirausaha serta sampai dengan praktek mengajar di daerah.

Melalui merdeka belajar ini pula berdasarkan survey kemendikbudristek yang disebutkan oleh nadiem bahwa program tersebut membawa kebermanfaatan yang positif.

Menurutnya beberapa hasil survey tersbeut adalah mahasiswa yang menjadi alumni program merdeka belajar kampus merdeka memiliki waktu tunggu mendapatkan pekerjaan yang lebih singkat dan mendapatkan gaji pertama yang lebih tinggi dari rata-rata nasional.

“Jadi bisa disiumpulkan bahwa lulusan kampus merdeka memiliki dampak positif terhadap karir lulusan Perguruan Tinggi,”

Pada kesempatan itu dalam penutupnya Nadiem juga mengingatkan bahwa hal pertama ini adalah momentum mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya.