Prof Gatot Nazir Ahmad: Model Pengelolaan Risiko Berimplikasi Positif Bagi PengembanganPerusahaan

0
10
Foto: Prof Gatot Nazir Ahmad saat menyampaikan orasi ilmiahnya di Aula Latief Hendraningrat, Kampus UNJ.

EDURANEWS, JAKARTA-Prof Gatot Nazir Ahmad meraih gelar profoseor bidang ilmu manajemen resiko keuangan, Fakultas Ekonomi Universitas negeri Jakarta saat dikukuhkan membawa orasi bertema “Model Pengelolaan Risiko untuk Meningkatkan Kinerja dan Nilai Tambah Perusahaan Indonesia” di Aula Latief Hendraningrat (223/07).

Pada orasi ilmiahnya itu Prof Gatot menekankan pentingnnya manajemen pengelolaan risiko dalam sebuah organisasi terutama mereka yang bergerak dalam bidang usaha.

Menurutnya manajemen pengelolaan risiko akan berguna bagi peningkatan kinerja dan nilai tambah sebuah perusahaan.

“Dalam sebuah perkembangan dan perluasan teori pengelolaan risiko ini memperlihatkan misalnya bagaimana utang merupakan hal yang harus dikelola dan ini masuk dalam kajian pengelolaan resiko,” katanya.

Menurutnya kajian teoritis mengenai konsep pengelolaan risiko khususnya di Indoneisa yang berkembang dan menjadi topik bahasan orasi ilmiahnya bermula dari proses transformasi pemikiran yang dibangun oleh Modigliani dan Miller (1958) terkait dengan nilai perusahaan, imbal hasil, dan risiko.

Prof gatot mengatakan hal penting dari bidang pengelolaan risiko ini adalah proses manajemen yang baik, karena tanpa manajemen yang baik, pengelolaan risiko juga akan terdampak.

Pada paparannya itu Prof Gatot juga mengemukakan bahwa pengelolaan risiko saat ini tidak hanya berkembang pada manajemen organisasi perusahaan, saat ini bahkan dirinya mengungkapkan dalam manajemen negara telah mengadopsi mekanisme manajemen risiko dalam target pembangunan nasional.

“Terbitnya Keputusan Presiden dan Peraturan Menteri menunjukan betapa pentingnnya pengelolaan risiko baik di sektor korporat maupun publik,” ungkapnya.