Dukung Penguatan Nilai Budaya dan Lingkungan, UNJ Gagas Program Batavia Camp 2024

0
19
Foto: peserta Batavia Camp UNJ 2024 berfoto bersama saat pembukaan kegiatan di Loby rektorat UNJ.

EDURANEWS, JAKARTA-Universitas Negeri Jakarta melalui kantor urusan internasional di bawah naungan kantor Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama perkenalkan nilai budaya bangsa Indonesia kepada mahasiswa asing dari China dan Malaysia dalam program Batavia Camp 2024 UNJ di Loby Rektorat kampus UNJ (10/07).

Koordinator program Batavia Camp 2024 UNJ Sri Rahayu menyebut program tersebut merupakan kegiatan pertama kali yang dilakukan oleh UNJ dalam rangka mendukung  memperkenalkan nilai budaya bangsa Indonesia kepada dunia luar.

Menurutnya program tersebut bersifat jangka pendek hanya 7 hari dalam aspek pengenalan bahasa, budaya, olahraga tradisional dan juga penanaman mangrove dan terumbu karang di Kepulauan Seribu.

Sri Rahayu menyebut dalam rangka pengenalan budaya bangsa Indonesia itu pihaknya juga berkolaborasi salah satunya dengan Dinas Pariwisata Jakarta dan Bupati administrasi Kepulauan Seribu.

Dirinya menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat membentuk interaksi global antara mahasiswa UNJ dan peserta dari dua negara itu untuk peningkatan pemahaman tentang Indonesia membentuk green community yang berpartisipasi pada aspek lingkungan.

“Harapannya akan ada interaksi global tidak hanya dari peserta tetapi juga dari mahasiswa UNJ dan meningkatkan pemahaman peserta batavia camp tentang UNJ dan Indonesia untuk menjadi bagian dari green comunnity yang berpartisipasi untuk lingkungan,” katanya.

Lebih lanjut menurut Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNJ Prof Fahrurrozi bahwa kegiatan ini juga dalam rangka meningkatkan pergaulan internasional UNJ dengan kampus di luar negeri untuk mengembangkan kerja sama lain kedepannya baik dalam bidang akademik dan budaya.

“tentu kita berharap dengan hadirnya peserta Batavia Camp UNJ 2024 di Indonesia ini akan memberikan warna bagaimana mahasiswa asing memandang Indonesia terutama kota Jakarta dan UNJ yang memiliki keistimewaan dari daerah lain, pungkasnya.

Prof Fahrurrozi juga menyebutkan ada beberapa kegiatan penting dari program ini yang mendukung pengenalan budaya bangsa Indonesia dan dalam rangka mendukung kelestarian alam seperti mengenalkan permainan tradisional Indonesia, kunjungan ke TMII, kunjungan ke Kota Tua, serta penanaman mangroive dan terumbu karang di kepulauan seribu.

Selain itu sambutan dari Bupati Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Junaedi menyampaikan apresiasinya kepada Universitas Negeri Jakarta atas gagasan program Batavia Camp 2024 ini.

Dirinya berharap program ini dapat mendukung aktivitas pariwisata dan memberikan dampak positif bagi warga di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.

“Semoga kegiatan hari ini diharapkan dapat memberikan amsa depan yang positif bagi Kepulauan Seribu,” ungkpanya.