Rektor UNJ Dorong Lomba Tari Khas Betawi Berwawasan Ekologi Se-Kelurahan Jatinegara Kaum

0
46
Foto: Rektor UNJ Prof Komarudin (Ketiga dari kanan) dan Lurah Jatinegara Kaum Henrica Kuswandari (Keempat dari kanan)

EDURANEWS, JAKARTA-Rektor Universitas Negeri Jakarta Prof Komarudin dorong kesadaran lingkungan pelajar dalam kegiatan pengabdian masyarakat (P2M) dengan mengadakan lomba tari betawi berwawasan ekologis di RPTRA Jaka Berseri, Jatinegara Kaum, Pulogadung, Jakarta Timur (19/09).

Kegiatan itu menggandeng 8 sekolah dasar (SD) se-keleurhan Jatinegara Kaum untuk melakukan pentas seni tari betawi dengan atribut tari kombinasi dari hasil limbah.

Rektor UNJ Prof Komarudin menyebut kegiatan lomba tari betawi berwawasan ekologi sebagai bagian untuk menumbuhkan wawasan dan kecintaan para pelajar terhadap lingkungan.

Foto: peserta lomba tari betawi berwawasan ekologi tengah berfiti bersama sebelum pementesan berlangsung. para peserta menggunakan limbah koran sebagai bagian dari atribut nari khas betawi.

Prof Komarudin menambahkan bahwa kampung pancasila memiliki program unggulan yang beragam. “Jika tahun kemarin ada lomba cerdas cermat tentang wawasan pancasila hari ini temanya kebudayaan yaitu tarian betawi dengan konsep wawasan ekologi,” ungkapnya.

Dirinya berharap kegiatan ini dapat membudaya tidak hanya dalam lingkungan sekolah akan tetapi juga masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sementara itu Lurah Jatinegara Kaum Henrica mengatakan program pengabdian UNJ selama ini memberi dampak positif terhadap pengembangan wilayahnya. “Dengan datangnya UNJ, warga sudah merasakan banyak dampak positif,”katanya.

Henrica menyebut sebanyak 430 KK di kelurahannya masih tidak memiliki tangki septik baik komunal maupun mandiri. Dirinya menambahkan saat ini sudah terselesaikan masalah tersebut bersama UNJ. “Warga saat ini sudah melakukan deklarasi sebagai wilayah bebas dari buang air besar sembarangan,” ungkapnya.

Selain itu, Henrica menambahkan bahwa kerjasama pengabdian ini juga telah memantapkan kerja bank sampah terutama dengan dukungan ilmu dan teknologi dari para dosen UNJ yang melakukan pengabdian di Kelurahan Jatinegara Kaum wilayah RW 03.

“Dengan dukungan tersebut alhamdulillah bank sampah kami mendapatkan penghargaan juara pertama tingkat nasional di RW. 03 Kelurahan jatinegara Kaum,” katanya.

Henrica menyambut baik dan mengapresiasi kerjasama ddengan UNJ. Termasuk penyelenggaraan lomba tari khas betawi berwawasan ekologi yang menjadi bagian dari program kampung pancasila gagasan pengabdian kepada masyarakat Prof Komarudin.

Kelurahan jatinegara kaum merupakan wilayah binaan unggulan kampus UNJ dalam program pengabdian masyarakat selain desa wisata edukasi, Cisaat, Subang dan kepulauan Seribu.

Sebelumnya Rektor UNJ juga telah menggagas program kampung Pancasila dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi di kelurahan Jatinegara Kaum pada September 2022 lalu.

Gagasan pembentukan kampung Pancasila menurut Profesor Komarudin merupakan wujud pemberdayaan masyarakat pada pembudayaan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai bagiand dari perilaku hidup sehari-hari masyarakat.