UNJ selenggarakan Sosialisasi Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Negeri Jakarta Tahun 2022

0
335
Foto: Profesor Suyono Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Jakarta tengah memberikan sambutan pada kegiatan sosialisasi informasi penerimaan mahasiswa baru UNJ tahun 2022

EDURANEWS, Jakarta-Universitas Negeri Jakarta selenggarakan sosialisasi informasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2022 yang terselenggara secara daring (25/02).

Narasumber dalam acara tersebut ialah Prof. Dr.Ir Budi Prasetyo Widyobroto, Direktur Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan dimoderatori oleh Dr. Eng. Agung Permono, S.T,. M.TKepala Kantor Admisi UNJ.

Dalam sambutannya Prof Suyono, Wakil Rektor Bidang Akademik UNJ menyebut pada tahun 2022 UNJ memiliki kuota penerimaan mahasiswa sebanyak 5040 calon mahasiswa jenjang Sarjana melalui tiga jalur pelaksanaan tes yaitu SNMPTN sebesar 25 persen, SBMPTN 45 persen dan Penmaba Mandiri UNJ 30 persen.

Menurut Suyono saat ini UNJ memiliki 62 program studi dengan rincian 19 program studi bidang sains dan teknologi dan 43 program studi bidang sosial humaniora.

Suyono menambahkan angka di atas terbagi ke dalam delapan fakultas, diantaranya Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Pendidikan Psikologi

Menurut Suyono, saat ini proses seleksi calon mahasiswa baru UNJ dikelola oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

“Keterlibatan UNJ dalam seleksi masuk SBMTN adalah sebagai salah satu pusat ujian tulis berbasis komputer,”katanya.

Baca Juga: Penandatanganan Kerjasama Pascasarjana UNJ dengan Pemda Wakatobi Perkokoh Komitmen UNJ Laksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Dengan jumlah kuota penerimaan mahasiswa baru yang tidak sedikit itu, UNJ juga telah mempersiapkan diri, terutama dalam mengelola dan memanajemen pelaksanaan tes dari mulai alat tes dan juga ruang tes baik di kampus dan juga di sekolah mitra baik SMA maupun SMK di sekitar UNJ.

“Untuk melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UBTK) UNJ sudah menyiapkan 1.100 komputer, dengan kebutuhan 900 komputer, jumlah ini masih bisa bertambah,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Prof Suyono juga mengucapkan rasa terima kasih pada sekolah mitra yang turut mensukseskan seleksi penerimaan mahasiswa baru UNJ Tahun 2022.

Suyono menambahkan bahwa pelaksanaan ujian tulis untuk kategori tes Penmaba Mandiri UNJ setidaknya akan diselenggarakan pada tanggal 16 Juli 2022 setelah pengumuman penerimaan dari jalur tes SBMPTN.

“Informasi lengkapnya akan dimuat di website www.penmaba.unj.ac.id,”katanya.

Link web Penmaba UNJ Klik Disini

Heryanti Utami, Kepala Humas dan Informasi Publik UNJ menyebut kegiatan sosialisasi Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2022 ditujukan guna memberikan informasi kepada publik mengenai penerimaan mahasiswa baru UNJ Tahun 2022.

“Bagi masyarakat yang ingin mengetahui seputar penerimaan mahasiswa baru UNJ Tahun 2022 bisa langsung mengakses Website Penmaba UNJ,”tegasnya

Pada acara tersebut, Prof Budi Prasetyo Widyobroto selaku Direktur Eksekutif LTMPT mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut.  Menurutnya, kegiatan tersebut dapat membantu masyarakat dalam mencari informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru UNJ

“UNJ merupakan salah satu PTN yang memiliki banyak pendaftar seleksinya,”katanya.