EDURANEWS,Jakarta- Program Studi S3 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Jakarta selenggarakan webinar bertema “Menyongsong Paradigma Baru Pembelajaran 5.0.” kegiatan tersebut terselenggara secara daring dan luring terbatas (15/12).
Linda Zakia M.Pd berikan paparan mengenai pentingnya pemahaman guru pendidikan sekolah dasar mengimplementasikan TPACK dalam proses pembelajaran pada masa pandemi saat ini.
TPACK menurut Linda, memberikan kebutuhan pembelajaran yang memadukan tiga unsur penting pengembangan pembelajaran yaitu technological knowledge, pedagogical knowledge and content knowledge (TPACK).
Secara sederhana technological knowledge merupakan pengetahuan tentang bagaimana mengoperasikan teknologi pendidikan seperti komputer atau perangkat lunak yang relevan dan efektif bagi proses pembelajaran
Pedagogical knowledge merupakan pengetahuan seorang guru tentang proses dan praktek atau metode pada proses belajar mengajar.
Content knowledge merupakan pengetahuan guru tentang subjek materi yang akan diajarkan.
Menurut Linda, konsep tersebut masih belum banyak dipahami sebagai satu kesatuan model pembelajaran (TPACK).
Linda menyebutkan, TPACK adalah unsur penggabungan antara technology, pedagogogy, and content knowledge yang merupakan pengetahuan tentang bagaimana memfasilitasi pembelajaran peserta didik dari konten tertentu melalui pendekatan pedagogik dan teknologi
Menurut Linda, biasanya pendidik atau calon pendidik lebih memilih kombinasi dari teknologi ke pedagogi ataupun sebaliknya pedagogi ke konten, akan tetapi penggabungan unsur ketiganya (TPACK) jarang dipahami.
“Saya melihat mahasiswa saya membuat RPP misalnya, belum mencangkup ketiga unsur TPACK tersebut, sedangkan yang sudah mencangkup konsep TPACK hanya 60 persen mahasiswa,”terangnya.
Menurut Linda, Kemampuan guru sebagai pendidik dalam proses belajar dan mengajar tidak hanya pada konten atau pedagogi akan tetapi juga pada kemampuan pengoraperasian teknologi dalam mencapai pembelajaran yang efektif.
Linda menyebut pembelajaran masa pandemi sangat memerlukan model pengembangan TPACK karena proses pembelajaran saat ini sarat dengan pemanfaatan teknologi meramu teknologi, pedagogi dan konten dalam meramu pembelajaran bagi pendidikan dasar.