Prof. Komarudin Optimis LPTK CUP dan UNJ Sukseskan Desain Besar Olahraga Nasional

0
192
Foto: Rektof Universitas Negeri Jakarta, Prof. Dr. Komarudin M.Si memberi sambutan dalam acara gala pembuka LPTK CUP ke-10 tahun 2021

EDURANEWS,Jakarta- Penyelenggaraan olahraga nasional LPTK CUP ke-10 tahun 2021 tuan rumah UNJ terselenggara setelah secara resmi dibuka oleh Menteri pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dr. Zainudin Amali M.Si pada acara gala pembuka LPTK CUP tahun 2021 tuan rumah UNJ di ballroom hotel Borobudur Jakarta 02/11.

Dalam acara gala pembuka LPTK CUP itu juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta Achmad Firdaus, para kontingen dari 14 Universitas LPTK se-Indonesia, Rektor beserta seluruh jajaran Universitas Negeri Jakarta

Penyelenggaraan olahraga LPTK CUP-UNJ hadirkan 395 kontingen dan 157 official dalam empat cabang olahraga yaitu golf (eksibisi), tenis, bulutangkis dan petanque

Kegiatan LPTK CUP tuan rumah UNJ berlangsung selama 4 hari mulai dari tanggal 2 sampai dengan 5 Desember 2021.

Dalam sambutannya Dekan FIK-UNJ Dr. Johansyah Lubis M.Pd sekaligus ketua pelaksana LPTK CUP ke-10 tuan rumah UNJ tahun 2021 mengapresiasi terlaksananya kegiatan tersebut.

Foto: Dr. Johansyah Lubis M.Pd Dekan FIK-UNJ, sekaligus ketua pelaksana LPTK CUP ke-10 tuan rumah UNJ tahun 2021

Johansyah menegaskan akan berjuang semaksimal mungkin mengawal penyelenggaraan LPTK CUP tahun 2021 sebagai tuan rumah.

Dirinya berharap kegiatan LPTK CUP 2021 dapat menjadi simbol kolaborasi memajukan pendidikan melalui olahraga

“LPTK CUP 2021 juga menghadirkan seminar nasional dan rangkaian pameran inovasi keolahragaan dan riset keolahragaan 14 LPTK.

Rektor UNJ, Prof. Komarudin dalam sambutannya mengapresiasi terselenggaranya kejuaraan LPTK CUP-UNJ 2021. Dirinya menyebut pembangunan olahraga harus integral dengan pembangunan bangsa, terutama dengan hadirnya Peraturan Presiden nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional.

Selain itu, dalam sambutannya, Prof. Komarudin juga menceritakan konteks historis tujuan penyelenggaraan LPTK CUP untuk mengenang dosen IKIP Jakarta (UNJ) yang gugur dalam turnamen olahraga.

Mengacu pada kejuaraan Sujiran CUP pada 1998 silam, maka penyelenggaraan LPTK CUP 2021 merupakan yang ke-20. Perubahan nama pada 2003 menjadi LPTK CUP maka menurutnya, penyelenggaraan LPTK CUP tuan rumah UNJ merupakan yang ke-10.

“Jadi jika mengacu pada perhitungan dari perubahan nama Sujiran menjadi LPTK CUP, berarti saat ini sudah terselenggara yang ke-10,”katanya

Rektor UNJ menyebut LPTK CUP memiliki peran sentral dalam mensukseskan Perpres desain besar olahraga nasional, terutama untuk menghadapi olimpiade 2024 mendatang.

Rektor UNJ optimis UNJ dapat berperan dalam meningkatkan prestasi olahraga nasional, lantaran saat ini, UNJ sudah dilengkapi sarana dan prasarana pendukung, terutama adanya GOR berskala internasional dan pengembangan keilmuan sport science.

“Peran LPTK CUP sangat sentral dalam mensukseskan desain besar olahraga nasional dan kita (Peserta LPTK CUP 2021), khususnya UNJ siap turut serta mensukseskan desain besar olahraga nasional,”katanya.

Pada akhir sambutan, Rektor UNJ secara khusus mengapresiasi kehadiran Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali atas kehadirannya sebagai bentuk penyemangat bagi kontingen LPTK CUP.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dr. Ahmad Zainudin M.Si Merasa bangga dan mengapresiasi penyelenggaraan LPTK CUP 2021 tuan rumah UNJ.

“Begitu melihat undangan LPTK CUP, maka saya putuskan hadir karena ada mantanndosen saya juga dari Universitas Negeri Semarang,”katanya.

Foto: Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dr. Ahmad Zainudin M.Si memberikan sambutan dan membuka kegiatan LPTK CUP 2021

Dalam orasinya, Menpora Zainudin menuturkan bahwa saat ini Presiden Jokowi sudah membuat perpres No 86 tahun 2021 tentang desain olahraga nasional.

Dengan adanya perpres tersebut, Zainudin menambahkan keberadaan olahraga nasional memiliki arah, panduan, target yang jelas.

Zainudin menjelaskan, ihwal lahirnya perpres tersebut karena kerisauan Presiden atas prestasi olahraga tanah air, terutama perihal masa depan atlet yang kurang diperhatikan.

“Begitu banyak persoalan olahraga dari hulu sampai hilir termasuk di dalamnya nasib para atlet setelah tidak berprestasi termasuk kesejahteraan bahkan terlantar dan itu tidak terpisahkan dari perhatian perpres desain besar olahraga nasional,”katanya.

Zainudin beharap terselenggaranya LPTK CUP tahun 2021 dapat berperan mensosialisasikan grand desain olahraga nasional.

Drngan harapan tersebut dan untuk memotivasi kejuaraan LPTK CUP 2021 tuan rumah UNJ, Zainudin menginstruksikan langsung agar piala bergilir Kemenpora bisa masuk sebagai bagian dari penyelenggaraan LPTK CUP tuan rumah UNJ dan Universitas selanjutnya yang akan menjadi tuan rumah.

“Saat ini LPTK CUP bisa merebutkan piala bergilir Menpora agar tambah semangat,”tegas Zainudin dalam sambutannya.

Dirinya optimis output LPTK CUP 2021 tuan rumah UNJ dapat hasilkan atlet berprestasi yang bisa berlaga pada olimpiade yang akan datang mewakili tanah air Indonesia.