Peringatan Hari Mata Dunia, FIS UNJ Gelar Webinaar Kesehatan Mata Masa PJJ

0
111
Foto: Dekan FIS UNJ Prof. Dr. Sarkadi, M.Si Memberi Sambutan Dalam Stadium General Hari Mata Sedunia

EDURANEWS, JAKARTA – Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (UNJ) telah menyelenggarakan webinar kesehatan mata dalam rangka memperingati Hari Penglihatan Dunia dengan tema “Menjaga Kesehatan Mata dalam Pembelajaran Online”.

Webinar yang dilaksanakan Sabtu 25/09/2021  dihadiri kurang lebih 200 Peserta yang berasal dari berbagai Fakultas di UNJ, yang mengunakan aplikasi Zoom Meetings dan Yutube Streaming Edura TV .

Dalam Sambutan Pembukaan Acara Dekan FIS UNJ Prof. Dr. Sarkadi, M.Si menyampaikan, Hari penglihatan Sedunia, World  Sight Day 2021,  di peringati oleh FIS UNJ dalam bentuk Webinar, yang bertemakan  Menjaga Kesehatan Dalam  Pembelajararan Online.

Tema dari webinar kali ini sangat menarik dan  menjawab kebutuhan dosen dan mahasiswa akan informasi model pembelajaran online  yang tepat, sehat, mengingat selama ini dampak kesehatan mata  dari pembelajaran online, akibat pandemi Covid  19, telah banyak di kelukan oleh para dosen dan mahasiswa.

Dekan FIS UNJ, berharap kegiatan ini berkenalanjutan dalam bentuk pemberian layanan kesehatan mata kepada para mahasiswa dan dosen di UNJ.

BACA JUGA: Program Doktor UNJ Lakukan Pengabdian masyarakat, Kenalkan Kepemimpinan Transformasional

Wakil III  dalam sambutannya menyampaikan,  World Sight Day 2021, yang bertemakan Love Your Eyes, sangat tepat  dengan keadaan dunia pendidikan saat ini. Acara ini adalah untuk mengembalikan semangat pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran online. Serta menjaga kesehatan mata selama pembelajaran online berlangsung.

Apresiasi dan terimkasih di sampaikan kepada dekan FIS UNJ Prof. Dr. Sarkadi, M.Si, yang memberi dukungan atas berbagai kegitan Kemahasiswaan dan Alumni. WD III FIS UNJ, menyampaikan terimakasih pada narasumber dan Panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Apresiasi juga disampaikan kepada Edura TV, Humas UNJ dan FIS Media Centre yang meliput acara ini

Webinar Kesehatan Mata diisi oleh narasumber yang berpengalaman dalam pembelajaran online dan profesional kesehatan yang begitu inspiratif, yakni: Dr. H. Tjipto Sumadi, M,Si, M.Pd. selaku Koorprodi Pendidikan Kewarganegaraan FIS UNJ yang membawakan tema pembicaraan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19”. Narasumber kedua, dr. Santi Anugrahsari, SpM, MSc, FISQua. selaku Kepala SMF Mata RSUD Koja  Jakarta Utara.  Moderator  Railah Nur  Aulia, MA, Dosen Program Studi Pendidikan Agama Islam FIS UNJ

Dalam sambuatan Penutup, Pembina BEM Prodi Pendidikan Sejarah,  Dr  Nur’aeni Marta  M, Hum, Webinar mengingatkan kembali beberapa poin yang disampaikan oleh pembicara, yaitu  kita perlu mengatur jarak penglihatan dengan gadget.

Beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata antara lain: menghindari berhadapan langsung dengan air conditioner, menggunakan air humidifier di dalam ruang kerja, mengonsumsi makanan kaya akan vitamin, hindari rokok, membaca dalam pencahayaan yang tepat, dna menggunakan kacamata hitam dengan UV protector.

Kita juga perlu mewaspadai apabila ada keadaan dimana mata merah, buram mendadak, dan nyeri hebat pada mata. Segera bawa diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

MC dalam  Peringatan World  Sight Day 2021, Nabila  Agustina  dan Alisa Citra Iswati,  dalam penutupan acara   menyampaikan,  Webinar Kesehatan Mata dalam Pembelajaran Online, merupakan, bagian kecil dari bakti UNJ terhadap Bangsa.

Keinginan dari para dosen dan mahasiswa UNJ  agar peringatan World  Sight Day 2021, berkelanjutan tidak sebatas Webinar tetapi juga diikuti oleh aksi sosial pemeriksaan kesehatan mata secara langsug