Batavia Team UNJ Sabet Juara 1 Kategori Simulate to Innovate Shell Eco-Marathon 2024 Mandalika

0
116
Foto: Batavia Team ketika meraih penmghargaan di atas panggung bersama Norman Koch selaku Global General manager Shell Eco Marathon.

EDURANEWS, MANDALIKA-Sebuah organisasi yang fokus pada pengembangan kendaraan hemat energi dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Batavia Team sabet juara 1 off track pada ajang perlombaan kategori simulate to innovate di Mandalika, Lombok pada 2-6 Juli 2024.

Penghargaan tersebut diberikan atas dasar penilaian konsep desain sistem atau komponen kendaraan menggunakan simulasi sistem dan optimasi aplikasi CAE (rekayasa bantuan komputer) oleh Batavia Team.

Selain itu Batavia tim juga meraih peringkat 4 pada ajang urban konsep kendaraan hemat energi on track kategori combustion engine berbahan bakar gasoline.

Foto: Dok, Batavia Team.

Menurut Faisal Rachman selaku general manager Batavia Team mengatakan prestasi tersebut diraih melalui kerja keras tim dan kesiapan yang matang oleh tim untuk perlombaan Shell Eco Marathon 2024.

“Kami melakukan berbagai riset dan uji coba untuk memaksimalkan performa kendaraan kami,” pungkasnya.

Dirinya berharap prestasi ini dapat memotivasi timnya untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam pengembangan teknologi kendaraan hemat energi secara berkelanjutan.

Shell Eco-marathon Asia Pacific and the Middle East 2024 merupakan ajang kompetisi yang fokus padapengembangan perangkat kendaraan hemat energi secara inovatif dalam mendesain, membangun, menguji, dan mengendarai kendaraan masa depan dengan menempuh jarak terjauh menggunakan sumber energi seminimal mungkin.

Shell Eco Marathon 2024 ini diikuti oleh 75 tim dari 12 negara tingkat Asia dan Timur Tengah nantinya para pemenang juga akan diundang berkunjung ke pabrik Ducati di Thailand untuk belajar langsung kepada para profesional otomotif.

Norman Koch selaku Global General manager Shell Eco Marathon mengatakan bahwa penyelenggaraan Shell Eco Marathon 2025 akan dilselenggarakan di Qatar setelah tiga tahun terakhir terselenggara di Indonesia.

Dirinya mengunkapkan bahwa antusiasme perlombaan Sheel Eco Marathon bgitu tinggi dan hal ini dapat membuka kesempatan belajar secara terbuka bagi para pelajar baikd ari Asia maupun Timur Tengah.