Batavia Tim UNJ Kenalkan Karya Prototipe Kendaraan listrik Hemat Energi di Pameran Electric Vehicle Indonesia

0
48
Foto: Batavia Team saat pameran Electric Vehicle Indonesia, Kemayoran, Jakarta.

EDURANEWS, JAKARTA-Batavia Tim sebuah organisasi kemahasiswaan dari Universitas Negeri Jakarta pamerkan karya kendaraan prototipe hemat energi bernama Fatahilah di pameran Electric Vehicle Indonesia yang bertemakan bertemakan “The 3rd Indonesia International Electric Vehicle, Technology and Component Exhibition 2024,”di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 15-17 May 2024.

Fatahilah adalah kendaraan prototipe bertenaga listrik hemat energi yang mengantongi pengalaman penting pada ajang perlombaan mobil hemat energi bnertenaga listrik baik di level nasional maupun internasional.

Pada 2016 silam Fatahilah mengantongi piala juara satu kontes mobil hemat energi nasional, berlanjut pada 2022 Fatahila juga menorehkan prestasi dengan mengantongi juara 2 se-Asia kontes mobil hemat energi yang diadakan oleh Shell Eco Marathon Asia, dan di tahun yang sama menempati juara ke-3 kontes mobil hemat energi skala nasional.

Ersya Maulana Kepala Divisi Eletrical Batavia Tim UNJ mengungkapkan lembaganya adalah organisasi yang mewadahi seluruh mahasiswa dari berbagai fakultas yang memiliki fokus minat pada bidang teknologi otomotif dan mengikuti berbagai perlombaan dan kontes otomotif kendaraan hemat energi.

Menurutnya pameran ini dapat memperkenalkan karya, prestasi, dan mengharumkan nama Universitas Negeri Jakarta di panggung internasional melalui pameran ini.

“Bangga sekali bisa terlibat dalam pameran ini merupakan sebuah kehormatan sekali karena pameran ini adalah ruang interaksi antara pasar, perkembangan inovasi kedanaraan listrik, riset dan industri electric vehicle dunia,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Batavia Tim juga turut diundang untuk melakukan presentasi mengenai prestasi dan pengalamannya menggodok prototipe kendaraan listrik hemat energi rakitannya itu.

“Disini adalah pusat pameran otomotif dari perkembangan riset otomotif dunia dan juga memperkenalkan perkembangan kemajuan teknologi listrik masa kini dari berbagai negara, sehingga perkembangan riset otomotif dari kami dapat kami pamerkan kepada seluruh pengunjung dari berbagai mancanegara di ruang pameran ini, selain itu pameran ini juga menjadi pusat komunikasi dan informasi perkembangan ilmu pengetahuan dan inovasi teknologi listrik dunia,” ujar Ersya.

Dirinya berharap dari pameran ini tidak hanya karya, prestasi, maupun ilmu pengetahuan yang dapat dibagikan tetapi juga mengenalkan almamater UNJ kepada panggung dunia.

Menurutnya pameran ini juga merupakan ajang untuk mendorong industri otomotif nasional untuk mengembangkan kendaraan listrik sebagai kendaraan yang ramah lingkungan dan hemat energi.

Melalui EV Indonesia 2024 ini tren dan teknologi terkini untuk solusi manufaktur kendaraan listrik  diperkenalkan dengan elemen produk meliputi electric vehicle unit (e-bus, e-car, e-bike, and e-motorcycle), charging infrastrcture, power transmission, security system, electrical, auto component, battery, Maintenance, and automation yang diselenggarakan lebih dari 1.200 pameran dan dari 25 negara.

Pameran ini juga merupakan bentuk dukungan Electric Vehicle Indonesia dalam mendukung pemerintah Indonesia yang saat ini tengah gencar mendorong industri otomotif nasional untuk mengembangkan kendaraan listrik sebagai kendaraan yang ramah lingkungan dan hemat energi saat ini.