FE UNJ Undang Profesor Keuangan Erasmus University, Bahas Investasi Berkelanjutan

0
84

Eduranews, Jakarta-Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengundang profesor keuangan dari Erasmus University, Belanda, Mathijs Van Dijk. Mathijs membahas topik mengenai pengaruh investasi berkelanjutan terhadap return saham di seluruh dunia.

Investasi berkelanjutan atau sustainable investing merupakan topik utama dalan riset-riset yang dilakukan Mathijs. Dia mendalami topik ini untuk bisa menjembatani celah antara praktik dan akademik.

Dalam paparannya, Mathijs menggunakan rating lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) sebagai pendekatan dari investasi berkelanjutan. Ia menyatakan terdapat empat argumen utama mengapa investasi berkelanjutan diperlukan.

Baca Juga: Prof Avanidhar Subrahmanyam Paparkan Risiko Trading Pada Kuliah Kehormatan UNJ

Pertama karena alasan etis. Selanjutnya, karena dampak dan return saham yang lebih tinggi, serta risiko yang lebih rendah untuk saham-saham dengan ESG yang lebih kuat.

“Kami menemukan sangat sedikit bukti bahwa peringkat ESG terkait dengan return saham. Temuan ini berlaku secara global,” kata Mathijs.

Secara keseluruhan, ia menunjukkan bahwa investasi pada ESG oleh perusahaan tidak mempengaruhi kinerja investasi. “Dan ini sudah terbukti selama dua puluh tahun terakhir,” ujar dia.

Hasil studinya mempertanyakan sejumlah besar literatur serta pandangan populer di industri tentang pengembalian finansial untuk investasi di ESG. Pada seminar daring yang dimoderatori oleh Titis Fatarina Mahfirah ini, Mathijs juga menyatakan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan sebagai pembelajaran dari efek biaya modal dari ESG.

Fakultas Ekonomi UNJ mengundang Mathijs dalam rangkaian seminar internasional Economic Expo 2022 memperingati hari Dies Natalis ke-17. Rangkaian seminar internasional ini memiliki tema besar “Bersinergi dalam Keberagaman, Semangat, dan Inovasi”.

Seminar ini berkolaborasi dengan dua perguruan tinggi lain, yakni Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya dan Fakultas Bisnis Universitas Katholik Widya Mandala Surabaya. Seri seminar ini menghadirkan sejumlah pembicara dari Universitas ternama di dunia sebagai berikut:

1. Prof Mohd Nazari Ismail dari Universitas Malaya, Malaysia, pada Jumat, 1 April 2022;
2. Prof Joseph Cherian (NUS Business School) pada Selasa, 5 April 2022;
3. Prof Avanidhar Subrahmanyam (University of California, Los Angeles), Sabtu, 9 April 2022;
4. Prof Mathijs van Dijk (Erasmus University), Selasa, 12 April 2022;
5. Prof Jo-Ann Suchard (Universitas New South Wales, Sydney), Jumat, 15 April 2022; dan
6. Prof Raghavendra Rau (Cambridge University), Sabtu, 16 April 2022.