Business Exhibition Wira-Wiri UNJ 2023: Pameran Kreatif Bisnis Mahasiswa di UNJ

0
20
Foto: area utama Business Exhibition Wira-Wiri UNJ 2023

EDURANEWS, JAKARTA-Universitas Negeri Jakarta selenggarakan Business Exhibition Wira-Wiri UNJ 2023 dari mulai tanggal (16-17/11) di Plaza kampus UNJ. Business Exhibition merupakan kegiatan untuk berbagi pengetahuan, mengejar peluang baru, dan menjalin koneksi dalam bisnis yang juga didukung dengan para mentor bisnis untuk mahasiswa.

Acara ini merupakan puncak program Wira-Wiri UNJ 2023 yang berisi pameran bisnis kreatif mahasiswa dan bertujuan agar para mahasiswa tidak hanya mendapatkan validasi dari para akademisi dan mentor UMKM, namun mendapatkan validasi, apresiasi maupun evaluasi dari para konsumen dan pengguna layanannya.

Kegiatan juga bertujuan agar para mahasiswa tidak hanya mendapatkan validasi dari para akademisi dan mentor UMKM, namun mendapatkan validasi, apresiasi maupun evaluasi dari para konsumen dan pengguna layanannya.

Rektor UNJ, Prof. Komarudin dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat menumbuhkan tunas wirausaha muda. Rektor UNJ juga berharap kelak para pelaku bisnis ini dapat menjadi founder sekaligus owner bisnis.

Pada kesempatan itu Prof Komarudin juga menyampaikan memasuki fase PTNBH UNJ akan perbesar jalan kegiatan wirausaha agar semakin besar dan meluas.

Pada hari pertama pelaksanaan Business Exhibition, terdapat acara Inspiration Day and cooking demo oleh alumni masterchef Indonesia dan talkshow oleh Anwar Sanjaya, artis sekaligus alumni UNJ serta.

Selain itu pada hari kedua, diisi Talkshow dengan pembicara yaitu Andrey Orlando dari LPDP Unimelb Association, Nana Rukmana Senior Project Manager & Creative Director dan Rahmi Hayatunnufus, M.Si guru Labschool Cibubur. Adapun hari kedua acara ini akan diselenggarakan musik performance dari Band Utopia.

Menurut Terrylina Arvinta Monoarfa Koordinator program Wirausaha Mandiri dan Wirausaha Merdeka (Wira-Wiri) UNJ ini merupakan salah satu pilar MBKM dan UNJ merupakan salah satu Perguruan Tinggi terpilih dari 36 Perguruan Tinggi di Indonesia.

Foto: Para pengunjung area Business Exhibition Wira-Wiri UNJ 2023 di Plaza, UNJ.

Selain itu menurut Bryan Erfanda Putra, STP., CHt dari Pelaksana WMK Kemdikbudristek, menyampaikan program wirausaha merdeka adalah salah satu program dari Kampus Merdeka yang akan mengajarkan kepada mahasiswa minat berwirausaha.

Menurutnya kegiatan ini terdapat tiga tahapan diantaranya pertama Pre-immersion (pembekalan materi), Immersion (Terjun ke lapangan), post-immersion (memulai bisnis).

Dirinya berharap agar program ini diharapkan menjadi langkah awal untuk membuka cakrawala mahasiswa menjadi wirausaha yang unggul dan mandiri.

Tujuan lainnya, expo ini untuk membekali mental berwirausaha mahasiswa dan daya saing bisnis. Peserta WMK UNJ 2023 terdiri dari 400 peserta dari 32 perguruan tinggi di Indonesia dari berbagai kota terbagi dalam 80 kelompok bisnis yang terdiri dari food and beverages, clothing and fashion, jasa serta aplikasi digital.

Kegiatan WMK UNJ ini telah dimulai 8 Agustus 2023, yang melibatkan 40 dosen pendamping lapangan dari seluruh Indonesia, 47 mentor UMKM serta para mitra yang terlibat sebagai narasumber, instruktur maupun mitra pendukung pelaksana kegiatan seperti laboratorium kewirausahaan ekonomi UNJ, Komunitas Tangan Diatas, PT Bank Mandiri, Tbk, Katadata.id, PT Gondowangi, Dirjen Pajak Kanwil Jakarta Timur, PT Harmoni dan masih banyak lagi.