UNJ Buka PKKMB Dengan 7.699 Mahasiswa Baru

0
25
Foto: Peserta PKKMB UNJ 2024 di Stadion Atletik Rawamangun, Jakarta Timur (19/08). SUmber: Humas-UNJ.

EDURANEWS, JAKARTA-Pembukaan masa Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Jakarta diikuti oleh ribuan mahasiswa baru dari berbagai program studi dan fakultas. Kegiatan itu berlangsung di Stadion Atletik Rawamangun, Jakarta Timur (19/08).

Foto: Dr. Andy Hadiyanto M.A Ketua Pelaksana Kegiatan PKKMB Universitas sekaligus Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni saat membuka acara PKKMB UNJ (19/08).

Menurut Dr. Andy Hadiyanto, MA Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Jakarta berdasarkan data terakhir UNJ menerima sekitar 7.699 mahasiswa baru dari berbagai program studi dan fakultas.

“Fakulta Ilmu Pendidikan (FIP) 782 mahasiswa, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) 1.295 mahasiswa, Fakultas Matemarika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 754 mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) 1.155 mahasiswa, Fakultas Teknik (FT) 1.318 mahasiswa, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) 659 mahasiswa, Fakultas Ekonomi (FE) 1.272 mahasiswa, dan Fakultas Pendidikan Psikologi 374 mahasiswa baru,” ungkapnya.

Andy Hadiyanto mengungkapkan pelaksanaan PKKMB UNJ akan terlaksana dari tanggal 19 hingga 30 Agustus 2024 yang dibuka dengan pembukaan PKKMB Universitas, dilanjutkan materi PKKMB Fakultas dan program Studi, dan diakhiri dengan G Expo dan penutupan.

Tema PKKMB tahun ini kata Andy adalah “Merdeka Berkarya, Berkolaborasi menuju Indonesia Emas” dengan tagline berkarya mewujudkan generasi emas.

Adapun menurutnya rangkaian PKKMB ini juga akan memberikan muatan pengetahuan kepada seluruh mahasiswa baru yang terkait dengan pengetahuan mengenai kehidupan berbangsa, bernegara, dan kesadaran bela negara, serta pemahaman mengenai sistem pendidikan tinggi di Indonesia, Pendidikan tinggi di era digital dan revolusi industri, serta pemahaman pengembangan karakter mahasiswa dan beberapa muatan lokal yang dikembangkan oleh UNJ.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa yang spesial dari kegiatan PKKMB tahun ini adalah adanya rencana tindak lanjut yang positif kepada seluruh mahasiswa baru selama setahun kedepan untuk terlibat dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan akademik seperti seminar, pengabdian dan penelitian, community development, dan berbagai kegiatan lainnya.

Pada akhir sambutannya Andy juga mengajak kepada seluruh mahasiswa baru untuk berdonasi dalam rangka misi kemanusiaan untuk membantu sesama di lingkungan terdekat.