Bersiap Jadi PTNB, Rektor UNJ Sampaikan 4 Strategi Penguatan SDM Unggul dan Berkualitas Pada Wisuda Semester 119 Tahun 2023/2024

0
6
Foto: Rektor UNJ Prof Komarudin berfoto bersama para peserta wisuda.

EDURANEWS, BOGOR-Dalam rangka melakukan transformasi Perguruan Tinggi menuju PTNBH Rektor UNJ Prof Komarudin sampaikan 4 strategi pegnuatan SDM unggul dan berkualitas pada perayaan wisuda Semester 119 Tahun Akademik 2023/2024 di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul, Bogor (06/02).

Menurut Prof. Komarudin dalam pidatonya mengatakan bahwa penguatan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas merupakan faktor kunci bagi UNJ menuju PTNBH, di samping penguatan kelembagaan, infrastruktur, IT, dan kerja sama.

Menurutnya ada banyak hal yang harus menjadi perhatian dalam upaya memperkuat SDM UNJ yang unggul dan berkualitas menuju PTNBH.

Dirinya mengungkapkan diantaranya adalah Menghadirkan kepemimpinan transformasional, adaptif, dan kolaborasional hingga level Unit, transformasi SDM UNJ menjadi human capital dan intellectual capital, penataan Kelembagaan SDM secara lincah, tanggap, dan keberlanjutan dari hulu ke hilir, serta omitmen untuk menghubungkan Inovasi Tri dharma Perguruan Tinggi dengan benefit bagi universitas, masyarakat, bangsa dan negara yang sejalan dengan innovation for society.

Adapun penguatan lain dalam mendukung kelincahan UNJ menghadapi PTNBH ada pada penguatan lembaga dan Profesionalitas SDM Berbasis IT, yang menurutnyang menurutna dapat dilakukan melalui penguatan perencanaan, pengukuran, pelaporan, monitoring, dan evaluasi kinerja secara berkualitas dan berkala sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Selain itu Prof Komarudin juga mengatakan hal itu perlu diperkuat juga pusat Talenta-Prestasi Mahasiswa dan Alumni, melalui optimalisasi keberadaan wadah talenta, pusat bimbingan karir, P3KP, dan IKA Alumni UNJ.

Untuk mencapai 4 strategi di atas, Prof. Komarudin menyampaikan harus ada empat prinsip penting yang harus dimiliki dalam rangka penguatan SDM UNJ.

Prinsip menurut Prof Komarudin diantaranya mengenai prinsip konsistensi, yakni kesesuaian dari awal hingga akhir, kesesuaian antara perencanaan hingga target (goal), prinsip sinkronisasi, yaitu sinergitas keseluruhan dari niat, proses yang dilalui hingga cara yang digunakan, prinsip kolaborasi, yaitu bersama-sama, gotong royong dalam mewujudkan harapan dan cita-cita, prinsip keberlanjutan (sustainability) yakni ketersambungan satu dengan yang lainnya.

Pada sambutan penutup, Prof. Komarudin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh sivitas akademika dalam meletakkan fondasi dalam upaya penguatan SDM UNJ.

“Kami menyadari masih banyak yang harus dikerjakan dalam upaya meraih visi UNJ ke depan. Oleh karenanya, kami mengajak seluruh komponen di UNJ untuk bahu membahu membangkitkan kembali semangat kerja. Yakni dengan bekerja keras, bekerja tuntas, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas karena Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, tutup Prof. Komarudin,” katanya.

Wisuda Tahun Akademik 2023/2024 kali ini mengangkat tema “Penguatan SDM UNJ Menuju PTNBH. Universitas Negeri Jakarta telah mewisuda 1.531 lulusan yang berasal dari Program Sarjana Terapan, Sarjana, Magister hingga Doktoral.