Dr. Asep Supena: Silaturahmi Eratkan Persaudaraan, Kasih Sayang dan Kebaikan

0
185
Foto: Dr. Asep Supena, dosen Pendidikan Khusus FIP, turut menyampaikan ceramah pada kegiatan halal bihalal Fakultas Bahasa dan Seni UNJ

Reporter: Dina Saputri

EDURANEWS, JAKARTA-Fakultas bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta selenggarakan halal bihalal dan pemberian penghargaan dosen purna tugas yang dilaksanakan di Aula latief Kampus A UNJ (17/05).

Dengan mengusung tema “Pererat Silaturahmi Demi Memperkokoh Jati Diri dan Menggapai Puncak Prestasi”, Dr. Asep Supena, dosen Pendidikan Khusus FIP, turut menyampaikan ceramah berkaitan dengan makna silaturahmi.

Menurutnya, silaturahmi merupakan momen untuk menyambung segala sesuatu yang terputus. Dengan silaturahmi dapat menyambung persaudaraan, kasih sayang, dan kebaikan.

Asep Supena menjelaskan silaturahmi menjadi tanda bahwa seseorang telah bersih hatinya dan bersih dari perbuatan menyakiti secara fisik dan verbal terhadap orang lain sehingga orang tersebut dapat dengan mudah menjalin silaturahmi dengan orang lain.

dalam ceramahnya Asep memberikan gambaran bahwa silaturahmi dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu dengan saling menyapa, bertemu, memperhatikan, saling peduli, saling membantu, dan seterusnya.

“Jika kita sanggup melakukan satu hal tersebut itu akan menjadi titik yang bisa menyambungkan yang terputus, minimal dengan mendoakan,” Ujar Dr. Asep Supena.

Sesuai dengan tema yang diusung pada acara kali ini, Asep juga mengingatkan agar menjauhi perbuatan sombong dan membanggakan diri. Menurutnya, Berprestasi, memiliki jabatan, dan sukses menjadi hal yang sangat baik jika dibarengi dengan kerendahan hati.

“Hal yang membuat orang memutuskan hubungan silaturahmi yaitu perasaan diri lebih baik, lebih hebat, lebih kuat, dan merasa tidak membutuhkan orang lain,” ujar Dr. Asep menutup ceramahnya.