UTBK UNJ, Prof Nizam: Kualitas Pelaksanaannya Semakin Baik

0
85
Foto: Prof Nizam (kiri) dan Prof Suyono Wakil Rektor Bidang Akademik UNJ (kanan) beserta Dr. Totok Bintoro Wakil Rektor Bidang Perncanaan dan Kerjasama (kiri belakang) bersama melakukan peninjauan lokasi UTBK di kampus UNJ (18/05)

EDURANEWS, JAKARTA-Pelaksanaan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2022 yang terlaksana di UNJ maupun sekolah mitra mendapat apresiasi dari peninjauan Dirjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Prof Nizam lantaran kualitas pelayanannya semakin baik (17/05).

Prof Nizam pada kesempatan itu melakukan peninjauan langsung tempat-tempat ujian tulis berbasis komputer di Gedung Dewi Sartika Kampus A, Rawamangun UNJ.

“Pelaksanaan UTBK-SBMPTN UNJ sudah dirasa tertib dan protokol kesehatannya juga dijaga dengan ketat selama tiga tahun melaksanakan ujian dimasa pandemi ini kualitasnya semakin baik,”

Pada kesempatan itu, Prof Nizam juga berpesan kepada seluruh peserta UTBK-SBMPTN agar percaya pada kemampuan diri sendiri dalam melaksanakan tes tertulis seleksi masuk Peruruan Tinggi.

Prof Nizam berharap peserta yang tidak mampu dilarang menghalalkan segala cara agar dapat masuk Perguruan Tinggi.

“Jangan sampai melakukan kecurangan dalam tes sehingga merugikan dirinya sendiri karena tidak mampu mengikuti jenjang perkuliahan selanjutnya,”

Prof Nizam berpesan bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil, oleh sebab itu dirinya menyerukan para peserta ujian tertulis agar terus mempelajari dengan sungguh-sungguh bahan-bahan ujian tersebut.

Selain itu, Prof Nizam juga berpesan jika tidak diterima di kampus negeri, para calon mahasiswa bisa mendaftar di kampus swasta. Dirinya menyebut saat ini program bantuan pemerintah untuk pendidikan sudah menyasar kampus swasta dan tidak hanya negeri.

Rektor UNJ Profesor Komarudin (kanan) mendampingi press conference Dirjen DIKTI Profesor Nizam (tengah) (18/05)

Sementara itu menurut Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Jakarta Prof. Suyono yang pada hari itu mengawal Dirjen DIKTI menyebut Jumlah peserta total UTBK di UNJ mencapai 29.120 orang dan setiap harinya UNJ melayani peserta tes 2.080 dengan pembagian peserta tes pagi 1.040 orang dan peserta tes siang sebanyak 1.040 peserta

Menurut Prof Suyono Pelaksanaan UTBK UNJ selalu mengacu pada arahan LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) baik dari penyiapan komputer maupun jaringan instalasi sofware dari LTMPT.

“Semua petugas di lapangan dalam catatan evaluasi kami dilapangan bisa menjalankan tugas sesuai tupoksi, sehingga secara umum boleh dikatakan pelaksanaan UTBK di UNJ berjalan lancar,”