Dr. Totok Bintoro: Program Duta Upaya Hasilkan Lulusan Kompeten UNJ

0
321
Foto:Dr. Totok Bintoro M.Pd Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan kerjasama UNJ memberi sambutan kgiatan Penganugerahan Duta UNJ 2021

EDURANEWS,Jakarta- Bertempat di Aula Latief Hendraningrat, Universitas Negeri Jakarta (13/11) menyelenggarakan kegiatan penganugerahan duta UNJ 2021. Acara tersebut dilaksanakan secara hybrid daring dan luring dengan protokol kesehatan ketat.

Dukungan dari berbagai lintas pimpinan Universitas Negeri Jakarta serta sambutan hangat dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana serta Puteri Indonesia Intelegensia Juara ke-iii 2018 Resti Asda menjadi dapur pacu semangat para peserta duta UNJ 2021

Heryanti Utami, MM.Par Kepala Kantor Humas dan Informasi Publik UNJ menyebut profesi duta UNJ merupakan bentuk repesentasi penting dalam memberikan citra positif bagi kampus UNJ dimata publik dan selalu mendukung kegiatan kampus baik di dalam maupun di luar kampus UNJ.

Selain itu Heryanti menjelaskan penganugerahan duta UNJ 2021 memiliki tema ”Warna Indonesia di Asia” yang hal tersebut senada dengan visi dan misi UNJ sebagai kampus bereputasi di kawasan Asia.

Foto:Heryanti Utami, MM.Par Kepala Kantor Humas dan Informasi Publik UNJ

Heryanti mengungkapkan ihwal proses awal pelamar duta UNJ mencapai 114 mahasiswa. Dirinya juga mengungkapkan proses seleksi ketat tiga tahap hingga menghasilkan 6 pasang duta terdiri dari 6 laki-laki dan 6 perempuan. Hal terpenting menurut Heryanti dari proses penyeleksian duta tahun 2021 adalah kondisi pandemi, sehingga seluruh aktfitias lebih banyak dilakukan dengan daring.

”Karena pada tahun ini seluruh proses seleksi diadakan secara daring, sehingga tidak mudah memberikan penilaian, dan sebisa mungkin membrikan penilaian terbaik,”katanya.

Dalam sambutannya Dr. Totok Bintoro M.Pd Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan kerjasama UNJ menyampaikan visi dan misi Rektor UNJ Prof. Komarudin dalam agenda penting Universitas negeri Jakarta sebagai kampus ternama dan terdepan di Indonesia.

Menurut Dr Totok Bintoro, kenyataan tersebut dapat dilihat melalui serangkaian prestasi UNJ saat ini yang sudah unggul dilihat dari posisi UNJ ke-6 pada seluruh Perguruan Tinggi LPTK Indonesia, peringkat 20 dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

Tidak hanya itu, Dr Totok Bintoro menyebut, UNJ sudah terdaftar sebagai kampus terakreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia. Dr Totok Bintoro menambahkan, penghargaan paling anyar dari Kemenristekdikti dimana UNJ memasuki posisi ke-8 dari 10 beesar pada liga IKU (indikator kinerja utama).

Dr. Totok Bintoro juga bercerita mengenai profil lulusan UNJ yang menurutnya tidak hanya mengandalkan kecerdasan, akan tetapi memiliki kepercayaan yang tinggi, dapat berkolaborasi dan menguasai kompetensi abad 21 serta cinta tanah air.

Menurut Dr Totok Bintoro program duta UNJ yang diinisiasi dan digagas pada tahun 2012 merupakan bagian dari upaya menghasilkan lulusan kompeten. Dirinya menambahkan bahwa lulusan kompeten harus memiliki kriteria seperti critical thinking, problem solving, kreatif dan inovatif, komunikatif, kolaboratif dan konfidens.

”Hal terpenting dari profesi duta UNJ adalah represntasi dari sosok-sosok UNJ, karena dipundak dan performance para duta, UNJ menitipkan seluruhnya,”katanya.

Dr Totok Bintoro berpesan kepada para duta UNJ agar tampil dengan percaya diri dan tampil untuk UNJ yang membanggakan dan tentu bersama wujudkan visi UNJ bereputasi di kawasan Asia.

Selamat untuk Para Duta Terpilih UNJ 2021

Duta 1 Putra: Angga Sopyan Fakultas Bahasa dan Seni

Duta 1 Putri: Tsabitah Muttaqinah Fakultas Teknik

Wakil I Duta Putra: Victorio Kusumosidi Fakultas Ilmu Sosial

Wakil I Duta Putri: Sagita Bunga Damayanti Fakultas Teknik

Wakil II Duta Putri: Farah Shiba Fadhilah Fakultas Bahasa dan Seni

Wakil II Duta Putra: Taufiqurahman Akbar Apriza Fakultas Ilmu Keolahragaan

Favorit Duta Putri: Rizky Amalia Fakultas Pendidikan Psikologi

Favorit Duta Putra: Rizky Pratama Putra Fakultas Ekonomi

Finalis Duta Putri: Jasmine Reyna Corrintya Fakultas Teknik

Finalis Duta Putra: Dimas Cahya Ramadhan Fakultas Ekonomi

Finalis Duta Putri: Ning Satriyani Fakultas Bahasa dan Seni

Finalis Duta Putra: Muhammad Raihan Fakultas Ilmu Sosial