Prof Junaidi Ungkap Capaian dan Tantangan Dunia Kedokteran Olahraga Tanah Air

0
92
Foto: Prod Dr. dr. Junaidi, Sp.KO, Subs. ALK (K) saat menyampaikan pidato orasi ilmuan pengukuhan guru besarnya di Aula Latief Hendraningrat kampus UNJ (11/07).

EDURANEWS, JAKARTA-Dalam pengukuhan guru besar Prof Junaidi ungkap capaian dan tantangan bagi perkembangan pengetahuan kedokteran olahraga tanah air.

Bidang keilmuan kedokteran olahraga telah mengantarkan Prof Junaidi menjadi guru besar tetap Universitas negeri Jakarta pada bidang keilmuan kedokteran olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan yang dikukuhkan di Aula latief hendraningrat ((11/07).

Menurut Prof Junaidi kedokteran olahraga merupakan cabang ilmu kedokteran yang berhubungan dengan kebugaran fisik, penanganan dan pencegahan cedera yang berhubungan dengan olahraga.

Selain hal-hal tersebut, menurut Prof Junaidi bidang kedokteran olahraga juga mencangkup manajemen kesehatan atlet, juga sebagai upaya melakukan manajemen peningkatan peforma atlet.

“Peranan kedokteran olahraga pada atlet berfungsi sebagai manajemen kesehatan bagi atlet yakni dalam menjaga dan mengevaluasi kesehatan atlet,” ungkapnya

Itulah sebabnya menurut Prof Junaidi bidang ilmu kedokteran olahraga memiliki latar belakang keilmuan yang khusus dalam dunia kedokteran pada umumnya. “Rumah sakit atau klinik secara khusus menangani atlet yang cedera di Indonesia masih terbatas,” ungkapnya.

Meski demikian Prof Junaidi menyebut peran kedokteran olahraga juga tidak terlepas dari bidang kedokteran lain seperti ahli nutrisi olahraga maupun psikologi olahraga serta spesialis kedokteran olahraga, bedah orthopedi, terapi fisik, dan spesialis rehabilitasi medik.

Selain itu Prof Juanidi menyebut tantangan yang dihadapi oleh bidang kedokteran olahraga adalah minimnya dokter spesialis kedokteran olahraga serta minimnya sentra pendidikan yang secara khusus dan spesifik pada bidang keilmuan kedokteran olahraga.

Prof Junaidi menyebut tentu hal ini menjadi capaian sekaligus tantangan bagi peningkatan prestasi olahraga nasional di Indonesia dari perspektif medis.

untuk itu dirinya yang secara khusus memiliki perhatian pada bidang kedokteran olahraga turut serta menginisiasiberidirnya sebuah klinik bernama Jakarta High Performance Center (JHPC) sebagai pusat klinik pemulihan cedera sebagai unit fungsional KONI Provinsi DKI Jakarta

“Dalam JHPCterdapat berbagai profesi kedokteran yang bertujuan mempercepat pemulihan cedera atlet,”ungkapnya.