Webinar Kesehatan Rohani UNJ Sehat #2: Menenangkan Hati dengan Dzikir

0
145

EDURA NEWS, JAKARTA – Tim Kesehatan Rohani Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Sehat mengadakan Webinar Kesehatan Rohani UNJ Sehat #2 dengan tema “Menenangkan Hati dengan Dzikir”. Webinar ini digelar secara daring melalui Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung di kanal Youtube Edura TV.

Webinar ini mendatangkan Dr. Ahmad Murodi, M.A yang merupakan dosen Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni UNJ sebagai narasumber yang akan berbicara mengenai tema “Menenangkan Hati dengan Dzikir”.

Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran UNJ Dr. Muhammad Zid, M.Si dalam sambutannya menyampaikan berbagai kejadian buruk belakangan ini pada akhirnya harus sampai pada penyadaran diri kita, bahwa tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah SWT.

“Tadi hafidz surat Ar-Ro’d ayat 28 dan seterusnya, jauh sebelum muncul manusia dan teknologinya, teknologi kesehatannya, mengingatkan bahwa salah satu cara untuk menghindari diri dari kecemasan, kegelisahan, penenangan batin yaitu dengan zikir kepada Allah dan sering menyebut nama Allah,” tuturnya.

Muhammad Zid mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada tim UNJ Sehat yang telah menginisiasi webinar kesehatan rohani dan jasmani.

Selanjutnya Dr. Ahmad Murodi, M.A menyampaikan salah satu model zikir yang bisa kita lakukan adalah perpaduan antara zikru bil lisan wa zikru bil qalbi, mulut kita menyebut dan hati kita mengingat.

Inilah yang diperintahkan dalam surat Al-Ahzab ayat 41 dan 42, Allah berfirman “Wahai orang-orang yang berfirman, berzikirlah kalian kepada Allah, baik dengan lisan, maupun dengan qalbi ataupun gabungan antara lisan dan hati dengan zikir yang sebanyak-banyaknya”, lanjutnya.

Dalam konteks ini, Allah memerintahkan kita untuk berzikir kepadanya sebanyak-banyaknya, baik di pagi maupun sore hari.

“Oleh karena itu, maka salah satu ciri orang yang cerdas di dalam surat Al-Imran ayat 191, Allah menjelaskan orang-orang yang cerdas dalam kehidupan ini, Allah berfirman dalam surat tersebut “allażīna yażkurụnallāha qiyāmaw wa qu’ụdaw wa ‘alā junụbihim wa yatafakkarụna fī khalqis-samāwāti wal-arḍ, rabbanā mā khalaqta hāżā bāṭilā, sub-ḥānaka fa qinā ‘ażāban-nār,”” ujarnya.

Ahmad Murodi menegaskan sebagai orang-orang yang bergerak di bidang pendidikan, yang tentunya menguasai sains dan teknologi, bisa dikatakan masuk kategori ulul albab. Allah SWT. menjelaskan dalam Al-Imran ayat 191 sesungguhnya pada ciptaan langit dan bumi, pertukaran malam dan siang, itu adalah tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang yang mempunyai akal.

Salah satu implementasi dari berzikir kepada Allah, di samping berzikir dengan mengucapkan “la ilaha illallah”, bisa juga berzikir dengan cara sholat. Ia mengatakan bisa jadi sholat adalah zikir gabungan dari zikir lisan dan zikir hati.