Prof Komarudin: Program MBKM Melembaga dan Membudaya di UNJ

0
50
Foto: Rektor UNJ Prof Komarudin mengangkat bendera Merdeka Belajar sebagai simbol dimulainya jalan sehat oleh para peserta civitas akademika UNJ dalam rangka menyemarakan Bulan Merdeka Belajar, Peringatan Hari Pendidikan sekaligus rangkaian Dies Natalis UNJ ke-59.

EDURANEWS, JAKARTA-Rektor Universitas Negeri Jakarta Prof Komarudin sampaikan bahwa program MBKM harus melembaga dan membudaya di UNJ. Hal itu dirinya sampaikan dalam kegiatan “jalan sehat” menyambut bulan merdeka belajar dari Kampus A menuju GOR-Fakultas Ilmu Keolahragaan dengan diikuti oleh 1.200 civitas akademika UNJ.

Kegiatan itu juga merupakan bagian dari peringatan hari pendidikan nasional sekaligus rangkaian perayaan Dies Natalis UNJ ke-59.

Dalam kegiatan itu juga terdapat pengenalan mahasiswa yang mendapatkan program Indonesian International Mobility Award (IISMA) sekaligus sesi berbagi pengalaman mendapatkan program pertukaran IISMA yang merupakan bagian dari program merdeka belajar-kampus medeka (MBKM).

Dalam sambutannya Rektor unj Prof Komarudin menyebutkan sejak 2020 hingga saat ini UNJ banyak terlibat dalam program hibah kerjasama kurikulum dari Kemendikburistek dan Kementerian lainnya.

Tercatat sejak 2020 peluncuran program MBKM sebanyak 3.918 mahasiswa UNJ mengikuti pembelajaran (BKP) program MBKM.

Kegiatan ini terepresentasi dalam berbagai bentuk kegiatan seperti magang/praktik kerja yang melibatkan 1.897 mahasiswa.

Foto: Para peserta kegiatan “Jalan Sehat” tengah melakukan aksi jalan menuju Gelanggang Olahraga kampus UNJ.

Bidang mengenai asistensi mengajar yakni sebanyak 1.213 mahasiswa, pertukaran pelajar yang melibatkan 664 mahasiswa.

Tidak hanya itu, juga kegiatan mengenai studi/proyek mandiri yang melibatkan sebanyak 77 mahasiswa. Serta membangun desa/kuliah kerja nyata tematik yang melibatkan sebanyak 32 mahasiswa.

Keterlibatan pada kegiatan bidang wirausaha sebanyak 25 mahasiswa dan proyek kemanusiaan sebanyak 9 mahasiswa serta penelitian/riset sebanyak1 mahasiswa.

UNJ juga telah mengirimkan mahasiswa dalam program pertukaran yang telah diikuti oleh UNJ diantaranya seperti PERMATA-SAKTI, PMM, PERMATA_SARI, PERMATA-LPTK, PERMATA-Merdeka, serta IISMA.

Selain itu juga kegiatan KKN tematik atau KKN membangun desa yang telah memiliki MoU antara UNJ dengan kementerian, gubernur, bupati, atau walikota yang telah dikembangkan sampai saat ini.

Proyek kemanusiaan yang telah dilaksanakan seperti pada tahun 2021 di kampung Nelayan dan Kampung Pemulung di wilayah Cilincing, Jakarta Utara dengan terlibat pada pendampingan wirasuaha kepada perempuan dengan memanfaatkan kekayaan laut.

“Pada Tahun 2022, mahasiswa UNJ melakukan kerjasama dengan yayasan Mitra Netra untuk melakukan pelayanan dan bantuan kepada penyandang tuna netra dalam hal pendampingan belajar,”katanya.

Mendongkrak Prestasi

Pada program praktisi mengajar tahun 2022 UNJ menjadi perguruan tinggi  dengan tingkat kolaborasi terbanyak ke-2, Pada Tahun 2023 UNJ menempati 5 besar Rencana Kelas Kolaborasi (RKK) terbanyak dengan jumlah 204 keigatan kolaborasi.

Pada program magang, baik pada program MSIB maupun studi independent tercatat 850 mahasiswa berhasil berpartisipasi dan melibatkan 72 perusahaan mitra terbaik di Indonesia.

Capaian luar biasa lain pada program IISMA yang diraih oleh mahasiswa UNJ tepatnya pada 2021, sejumlah 30 mahasiswa berpartisipasi dan meloloskan 5 mahasiswa yang berhasil mengundang mahasiswa untuk bergabung dengan perguruan tinggi dunia seperti Thailand, Lithuania, Inggris, Canada, maupun Malaysia.

Pada Tahun 2022 sebanyak 90 mahasiswa UNJ ber-partisipasi pada kegiatan IISMA dan meloloskan 11 mahasiswa yang tersebar di perguruan tinggi seperti Ireland, Italy, UK, Prancis, Rusia, Korea Selatan, dan Canada kata Prod Komarudin.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada para Wakil Rektor bidang kemahasiswaan dan Alumni Dr. Abdul Sukur M.Si yang telah menjadikan momentum “jalan sehat” menjadikan momentum bagi UNJ untuk berkomitmen mensukseskan MBKM yang dicanangkan oleh Kemendikburistek.

“Alhamdulillah, pelbagai partisipasi dan prestasi banyak diraih oleh mahasiswa maupun dosen UNJ pada MBKM ini,”:katanya.

Dalam rangka mendukung dan memfasilitasi implementasi program MBKM, UNJ telah membentuk Sistem Informasi Pertukaran Mahasiswa (SIPMA) dan Sistem Informasi Magang Kerja (SIMAKER).

Sistem informasi ini telah dikembangkan menjadi sebuah sistem yang utuh dalam mewadahi implementasi program MBKM yang disebuit SIMERDEKA.

“Sistem ini dikembangkan dengan pembiayaan dari program kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) Institusional Supoort System (ISS)-MBKM Tahun 2022.

Hal itu menurut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswa dan Alumni Dr. Abdul Sukur M.Si berharap dengan capaian dan dukungan para program MBKM diharapkan dapat terus meningkatkan prestasi dari berbagai program MBKM kedepannya.