Tahukah Kalian Perbedaan Penerbitan dan Percetakan?

0
3360

Hallo sahabat Edura UNJ! Sebetulnya apa sih yang membedakan penerbitan dan percetakan? Ya, secara sekilas kita barangkali akan menebak keduanya mirip dan sama saja. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Pertama, penerbitan memiliki ISBN sedangkan percetakan tidak ada ISBN. Nah, perlu diketahui nomor ISBN ini sangat penting karena nomor ini menjadi legalitas bahwa buku kita terdaftar di nomor buku dunia. Biasanya penerbit yang gak abal-abal akan mengurusi ISBN. Sedangkan kalau asal cetak saja sih, ya jadinya buku sahabat Edura UNJ tidak akan terdaftar. Gak keren bukan?

Kedua, penerbitan ada tim kreatif sedangkan percetakan tidak ada tim kreatif. Tim kreatif dalam penerbitan sangatlah penting karena merekalah sebuah buku menjadi enak dipandang dan dibaca. Artinya di penerbitan ada orang-orang yang menjaga naskah seperti editor, menjaga kualitas artistik seperti layouter ataupun desain grafis. Jadi gak simsalabim asal cetak ! Ada tahapan yang penting sebuah naskah buku masuk dalam sebuah penerbitan.

Ketiga, penerbit ikut bertanggung jawab terhadap isi sedangkan percetakan tidak. Ini juga menjadi sangat penting karena sebuah naskah jika ada kesalahan cetak, editing dan lainnya selama itu masih dapat dipertanggungjawabkan penerbit.

Keempat, penerbit adanya royalti ke penulis sedangkan percetakan tidak. Nah, ini sangat penting dan perlu sahabat Edura UNJ ketahui. Penerbitan memiliki tanggung jawab memberikan royalti kepada penulis. Apalagi kalau buku kalian termasuk best seller tentunya royalti akan terus bertambah.