Rektor UNJ: Perguruan Tinggi Hebat Harus Memiliki Kemandirian

0
125
Foto: Rektor UNJ Profesor Komarudin sedang menyampaikan orasi ilmiah pada wisuda 115 tahun akademik 2021-2022 di GOR UNJ

Eduranews, Jakarta-Sebanyak 1905 peserta wisuda Universitas Negeri Jakarta menghadiri penyelenggaraan wisuda virtual 115 tahun 2021/2022 secara daring dan luring terbatas pada (30/03),.

Acara wisuda tersebut dibuka oleh rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M. Si yang sekaligus mengisi pidato bertajuk “Meraih Keunggulan untuk Membangun Kemandirian”.

“Topik ini dicetuskan untuk menggugah kita semua bahwa untuk menjadi perguruan tinggi terbaik tidak cukup dengan predikat unggul saja, tetapi perlu diikuti dengan kemandirian universitas,” jelasnya.

Kemandirian Universitas yang disampaikan searah dengan impian UNJ menjadi PTN-BH. Merujuk Permendikbud nomor 4 tahun 2020.

Setidaknya PTN yang ingin beralih sebagai PTN badan hukum harus memiliki kemampuan: menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi yang bermutu; mengelola organisasi PTN berdasarkan prinsip tata kelola yang baik; memenuhi standar minimum kelayakan finansial; menjalankan tanggung jawab sosial; dan berperan dalam pembangunan perekonomian.

Sejalan dengan itu, menurut Prof. Komarudin, kemandirian Universitas ini perlu disokong oleh empat modal utama yakni modal identitas/ciri universitas, modal manusia, modal sumber daya teknologi ,dan sumber daya organisasi serta kesiapan mental akan adanya perubahan. Modal-modal itu diupayakan UNJ menuju PTN-BH yang berintegritas sejajar dengan Universitas besar lainnya.

Prof. Komarudin juga turut mengapresiasi para wisudawan berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik. dirinya berharap prestasi yang telah diraih tersebut memancing mahasiswa lain mengikuti jejak yang sama.

Mengakhiri pidatonya, Prof. Komarudin berharap kepada para wisudawan untuk menjadikan gelar akademis yang didapatkan ini sebagai pengingat serta penyemangat untuk berkontribusi bagi bangsa dan negara Republik Indonesia.

“Selamat berjuang di masyarakat, selamat bekerja keras, selamat berproses menapaki jejak-jejak kehidupan. Jaga selalu almamater UNJ di manapun kalian berada, ” tegasnya.

Reporter:Bagus Dwi Putra