EDURANEWS, JAKARTA-Perubahan Pendidikan 4.0 menjadi 5.0 merupakan tantangan yang harus disikapi dalam melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan teknologi baru yang lebih manusiawi dan berfokus pada perkembangan sosial serta emosional peserta didik sehingga dapat meningkatkan hidup dalam bermasyarakat.
Oleh karena itu, keterampilan abad 21, critical thinking, collaborative thinking, communication thinking, dan creative thinking memiliki peranan penting dalam era pendidikan 5.0.
Selain itu, perubahan masa pandemi menjadi pasca pandemi serta kebijakan kurikulum merdeka belajar dan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) merupakan tantangan yang harus diselesaikan dengan peningkatan mutu pendidikan yang salah satunya melalui kompetensi pendidik.
Salah satu peningkatan kompetensi pendidik adalah evaluasi pembelajaran. Pendidik harus secara terus-menerus meningkatkan kompetensi terkait evaluasi pembelajaran dengan menerapkan perkembangan teknologi sehingga mampu meningkatkan hasil pembelajaran yang mendukung penguasaan critical thinking, collaborative thinking, communication thinking, dan creative thinking.
Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) sebagai salah satu organisasi yang berupaya mewadahi kebutuhan dari para pendidik dan profesional dalam bidang evaluasi dan pengukuran sehingga mampu mendukung peningkatan mutu Pendidikan.
Untuk itu, pada tahun 2023 ini HEPI berencana melaksanakan konferensi Intenasional (ICERE ke-3) yang dilengkapi dengan workshop. Kegiatan ini bertepatan dengan kongres HEPI sebagai ajang temu seluruh anggota HEPI seluruh Indonesia.
Melalui kedua kegiatan ini diharapkan para cendekiawan, pendidik, praktisi pendidikan, peneliti, para mahasiswa, dan pihak lain dapat melakukan diskusi dan memberikan kontribusi dan bernanfaat guna mengatasi tantangan era pendidikan 5.0 pada masa pasca pandemi serta kebijakan kurikulum merdeka belajar dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
Kami mengundang para akademisi, praktisi pendidikan, peneliti, guru, mahasiswa dan pihak lain untuk menghadiri konferensi Internasional dan Kongres HEPI ini baik sebagai pemakalah maupun peserta. Kami mengundang sebanyak 350 orang untuk mempresentasikan makalahnya dan/atau berpartisipasi sebagai peserta.
Makalah yang dapat dipresentasikan merupakan salah satu dari sub teme berikut: a) Asessmen dalam Pembelajaran. b) Penilaian Kurikulum Merdeka Belajar pada seluruh tingkat satuan Pendidikan. c) Penilaian Otentik. d) Umpan balik dan Motivasi Belajar. e) Evaluasi Pendidikan. f) Pengembangan Instrumen. g) Evaluasi Program. h) Penelitian dan Asesmen dalam Pendidikan. i) Assessment for/of/as Learning. j) Asesmen dan Kemajuan Teknologi. k) Asesmen dalam Penelitian Tindakan. l) Penilaian Kelas. m) Penilaian Non-kognitif dalam Pendidikan. n) Asesmen Informal. o) Pengukuran dalam Pendidikan. p) Asesmen Online. q) Asesmen Anak Usia Dini. r) Lingkungan Belajar.
Konferensi Internasional ini akan menghadirkan pembicara utama terkemuka di bidang penilaian, evaluasi, dan penelitian Pendidikan, yakni: Anindito Aditomo, Ph.D, Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP). Jarrod Hingston, Ph.D, Australian Council for Educational Research (ACER). Bahrul Hayat, Ph.D, Ketua Umum HEPI. Prof. Madya Dr. Adibah binti Abdul Latif, University Technologi Malaysia (UTM). Prof. Wang Yonghui, Ph.D, Central China National University (CCNU). Dr. Achmad Ridwan, M.Pd, Dosen Program Studi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Bambang Sumintono, Ph.D, Ketua Program Studi Doktor Pendidikan Universitas Internasional Islam Indonesia (UIII). Dr. Ir. Rahmawati, MM, Kepala Pusat Asesmen Pendidikan, BSKAP. Dr. Yogi Anggraena, M.Si, Koordinator Pengembangan Kurikulum, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Artikel terpilih akan ditawarkan untuk diterbitkan di: Jurnal Pengukuran dan Psikologi Pendidikan Indonesia (JP3I), terindeks Scopus; Journal of Educational Research and Evaluation (JERE), terindeks Sinta 2; Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (JPEP), terindeks Sinta 2; Research and Evaluation in Education (REiD), terindeks Sinta 2; Journal of Research and Educational Research Evaluation, terindeks Sinta 3; Journal of Indonesian Stundent Assessment and Evaluation (JISAE), terindeks Sinta 4; Jurnal Evaluasi Pendidikan (JEP), terindeks Sinta 4; Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran (JEP), terindeks Sinta 5; Prosiding Internasional.
Luaran yang diharapkan dari konferensi ini mencakup: 1) Diseminasi hasil penelitian dari berbagai negara di bidang pengukuran, evaluasi, penilaian, penelitian pendidikan, dan lingkungan belajar. 2) Publikasi ilmiah pada jurnal Nasional dan prosiding Internasional seperti yang disebutkan sebelumnya.