Dialog Terbuka Jadi Jembatan Penyampaian Aspirasi Mahasiswa Kepada Calon Rektor UNJ Periode 2023-2027

0
48
Foto: Para kandidat calon rektor UNJ periode 2023-2027 tengah mencatat aspirasi yang disampaikan mahasiswa demi pendidikan UNJ yang lebih baik kedepannya.

EDURANEWS, JAKARTA-Puluhan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dari Badan Eksekutif Mahasiswa tingkat Universitas hingga Fakultas lakukan dialog dengan para calon rektor UNJ periode 2023-2027 di selasar kampus A UNJ, Rawamangun (13/07).

Para calon rektor diantaranya adalah Prof Komarudin, Prof Ucu Cahyana, dan Muhammad Yusro P.hD yang diawali dengan paparan visi dan misi para kandidat calon rektor yang dimoderatori oleh Ketua Senat UNJ Prof hafid Abas.

Selanjutnya kegiatan setelah sesi tersebut dilangsungkan paparan hasil survei aspirasi yang di sampaikan oleh Wakil Ketua Majelis Tinggi Mahasiswa (MTM) Zarafiansyah manyampaikan hasil kajian dan saran yang diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh rektor terpilih nantinya.

Zarafiansyah menyebut ada pun hal-hal yang harus mendapat perhatian diantaranya adalah penyediaan fasilitas umum seperti kondisi kantin kampus A, dan penyediaan kantin bagi kampus D dan E, genangan akibat saluran, pedestrian, lahan terbuka hijau dikampus, penerangan jalan dan fasilitas mahasiswa disabilitas.

Selain itu juga menurutnya hal terkait dengan penunjang kegiatan pembelajaran yang melingkupi area terbuka diskusi, LCD, AC, Proyektoir, TV, sarpras laboratorium, perpustakaan, dan sarana olahraga penunjang dan fasilitas penelitian.

Selain itu juga terkait UKT menurut Zarafiansyah menyebut banyak mahasiswa tergolong mampu malah mendapatkan KIP-P, sewa kantin yang dirasa terlalu mahal oleh pedagang dan pengadministrasian terkait efisiensi birokrasi demi kelancaran proses pengadministrasian kampus.

Zarafiansyah berharap kertas usulan tersebut dapat menjadi pedoman bagi rektor terpilih untuk dapat ditindaklanjuti.

Pada sesi akhir para calon rektor juga melakukan penandatanganan pakta integritas yang sudah disusun dan dikaji oleh mahasiswa untuk untuk selanjutnya dijadikan sebagai dokumen acuan pengawalan kampus.

Ketua BEM Universitas Negeri Jakarta periode 2023 M. Rifki Abdillah menyebutkan pakta integritas yang telah ditandatangani oleh masing-masing wakil rektor akan terus dikawal oleh BEM secara berkelanjutan. “jadi ketika pergantian kepemimpinan di BEM juga pakte integritas akan kami sampaikan untuk dikawal pada generasi selanjutnya sebagai dokumen waris yang harus dijaga dan dikawal,” ungkapnya.

Selanjutnya para ketua BEM masing-masing fakultas juga turut menyampaikan aspirasi bersama para kandidat calon rektor UNJ periode 2023-2027.

Para calon rektor juga juga mencatat dan memberi komentar terkait kondisi yang ada dari beragam usulan dan saran dan bertekad menuntaskan problem yang ada.