Prof Fathiaty Mutadho: Kemajuan Indonesia Dapat Diukur Melalui Peran Komunikasi

0
26
Foto: Prof. Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd saat tengah menyampaikan orasi ilmiah pada pengukuhan guru besarnya.

EDURANEWS, JAKARTA-Prof Fathia menyebut peran komunikasi sangat penting bagi kehidupan sosial, budaya, pendidikan, maupun politik. Menurutnya komunikasi memiliki dampak pada perubahan perilaku seseorang bahkan meluas ke level masyarakat.

Foto: Prof. Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd menerima bunga dari salah seorang cucu tercintanya usai menyampaikan orasi ilmiah pengukuhan guru besarnya.

Menurutnya hal ini bahkan sudah disadari sejak masa Aristoteles yang hidup di tahun 382-322 SM.

Menurut Prof Fathiaty komunikasi memiliki dampak untuk mempengaruhi opini dan perilaku seseorang terutama dalam upaya pembentukan propaganda.

Orasi ilmiah bertema “Merencanakan Indonesia Baru dari sudut Komunikasi” menjadi kunci penting pengembangan ilmu komunikasi dalam prosesi pengukuhan guru besarnya di Aula Latief Hendraningrat (12/07).

Prof Fathiaty juga menyampaikan kondisi saat ini banyak beredar pesan yang dupublikasi di media sosial mengandung makna yang kurang baik, saling mengejek, menyalahkan dan bahkan saling menghujat.

Kondisi itu kata prof Fathiaty juga turut berkontribusi menciptakan nilai sosial tertentu dalam masyarakat yang berdampak negatif.

Prof Fathiaty menyebut jika produk komunikasi yang di pertontonkan media yang terbendung saat ini selalu memberi kesan negatif maka hal ini dapat membentuk suatu masyarakat yang negatif karena sifat komunikasi tersebut.

Menurut Prof Fathiaty individu perlu memikirkan strategi komunikasi agar perilaku komunikasi masyarakat dalam berbahasa tidak negatif.

Menurutnya strategi komunikasi memiliki peran penting dalam membangun Indonesia menjadi bangsa yang maju. Komunikasi menurut Prof Fathiaty adalah kunci membentuk masyarakat untuk menanamkan nilai penting dalam kehidupannya.

“Menggunakan strategi komunikasi yang baik, Indonesia dapat membangun kesadaran, partisipasi aktif masyarakat, transparansi, inovasi, dan kolaborasi, dalam uoaya mencapai tujuan pembangunan nasional,”ungkapnya.