Kaltim dan Bali Mendominasi di Pickleball Indonesia Open Championship 2023

0
163

EDURANEWS, JAKARTA: Dari 314 peserta dari 12 kategori pada Pickleball Indonesia Open Championship 2023, ternyata Provinsi Kalimantan Timur dan Bali paling omongan dalam memperebutkan gelar juara.

Dosen UNJ yang juga Sekjen Indonesia Pickleball Federation (IPF) Susilo mengatakan di dua provinsi tersebut olahraga pickleball lebih memasyarakat.

“Jadi wajar banyak dari mereka atletnya lebih kompeten, sedangkan di daerah lain relatif masih belum muncul,” tambahnya.

Dalam rangka Dies Natalis Ke-59 Universitas Negeri Jakarta, ajang Pickleball Indonesia Open Championship 2023 terselenggara untuk yang kedua kalinya. Setelah tahun lalu bernama UNJ Open Pickleball 2022.

Lokasi penyelenggaraan acara di GOR UNJ, Kampus B Fakultas Ilmu Keolahragaan, Jalan Pemuda No. 10 Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur.

Waktu penyelenggaraan mulai dari 31 Mei sampai dengan 04 Juni 2023, pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Pada waktu tersebut memanfaatkan libur panjang dan cuti bersama di Hari Waisak.

Memberikan ruang bagi lansia untuk berkompetisi. Maka dengan bermain Pickleball maka mereka bisa bersosialisasi.

Pickleball adalah olahraga yang baru diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2019, namun perkembangannya sangat cepat dan luar biasa dibandingkan dengan cabang olahraga lainnya.

Tahun 1979 Bill dan Tin Bell memperkenalkan pickleball di Jakarta. Mereka adalah sepasang suami istri yang bekerja di Kedutaan Amerika. Namun ketika itu Pickleball sebatas diperkenalkan di lingkungan Kedutaan Amerika. 

14 April 2019 Jeff van Der Hulst yang merupakan ambassador International Federation Pickleball (IFP) berkunjung ke Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) Universitas Negeri Jakarta untuk memperkenalkan olahraga Pickleball secara komprehensif. 

Selain itu, Nilai sportivitas sangat dijunjung tinggi dalam olahraga ini, contohnya saja ketika ada bola yang masuk dan keluar, sangat tergantung dari kejujuran dan kesadaran dari pemain. Sementara ini wasit hanya mengesahkan setelah dilakukan konfirmasi.

Kesuksesan acara ini sangat bergantung dari semua elemen kepanitiaan mulai dari volunter, referen, tim broadcasting Edura TV, sampai kepada tim teknis di lapangan.