Impelementasi Kerjasama UNJ Dengan Perancis

0
107

EDURANEWS, JAKARTA-Penandatanganan MoU antara UNJ dengan ATIKBUD  Kedutaan Indonesia di Perancis pada September 2021 lalu telah terimplementasi melalui penyelenggaraan program magang internasional.

Program magang internasonal ini merupakan program magang mahasiswa internasional ke kampus UNJ, juga menjadi program magang internasional pertama bagi UNJ.

Program magang internasional itu mendatangkan mahasiswa dari School of Engineering (CESI) serta dari Institute National des Langues et Civilizations Orientaales (INALCO) Perancis.

Para mahasiswa Perancis akan melakukan magang pada program studi teknik UNJ dan PT. Wijaya Karya (WIKA) yang merupakan mitra UNJ selama internship program berlangsung.

Asma Irma, M.Si Kepala Kantor Urusan Inernasional UNJ, menyebut program magang internasional lahir berkat kerjasama antara UNJ dengan ATDIKBUD Kedutaan Indonesia di Perancis melalui Prof Warsito, S,si, DEA yang juga dijembatani oleh Ida Digon Diaspora Indonesia dalam mempromosikan program magang internasional UNJ.

Pada kesempatan yang sama, Aam Amanningsih Ketua Tim International Internship Program menyebut program magang internasional dengan CESI dan INALCO selaras dengan visi kedua kampus itu agar mahasiswa mencapai kemampuan memahami dan mampu mengorganisir kegiatan yang memiliki nilai sosial dan budaya.

Aam Amanningsih menyebut program magang internasional UNJ memiliki keunikan terutama adanya kunjungan mahasiswa asing ke desa binaan UNJ, yang menurutnya tidak dimiliki oleh program internasional perguruan tinggi lain.

Aam Amanningsih berharap program ini dapat melekatkan hubungan antara Indonesia dan Perancis, sekaligus sarana belajar dan melakukan pengabdian masyarakat serta dapat menjadi media promosi wisata Indonesia, terutama desa Cisaat, Subang, Jawa Barat sebagai desa binaan UNJ.

Para mahasiswa Perancis program magang internasional UNJ di desa Cisaat juga akan terlibat dalam pengabdian masyarakat dalam mengembangkan desa wisata dan membantu mayarakat menyelesaikan problem dalam menjalankan desa wisata dengan ilmu yang mereka miliki

Rektor UNJ Prof Komarudin megapresiasi kerja keras semua pihak dalam kerjasama UNJ dengan Perancis terutama dan berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan melahirkan program yang lebih luas dari UNJ maupun Universitas di Perancis.