Prof. Agus Dudung: Three-E Berpengaruh Positif Pada Prestasi Mahasiswa

0
135

EDURANEWS, JAKARTA. Prof. Agus Dudung melakukan Orasi Ilmiah bertajuk “Prestasi Lulusan Mahasiswa Perspektif Peran Three-E (E-Readiness, E-Learning dan E-Book)” di Aula Latief Hendraningrat (18/7). Orasi Ilmiah ini sekaligus mengukuhkan Prof. Agus Dudung sebagai guru besar tetap bidang Ilmu Evaluasi Pembelajaran Kejuruan Fakultas Teknik UNJ. 

Prof. Agus Dudung menjelaskan tema ini dilandasi oleh pentingnya pendidikan dalam perkembangan teknologi informasi secara berkelanjutan. Terutama ketika pendidikan dihadapkan pada era digital yang mengharuskan pendidikan beradaptasi pada perubahan digital.

Teknologi memiliki 3 prinsip dasar yaitu pendekatan sistem yang lebih mudah dan efisien, berorientasi hasil pada mahasiswa, dan pemanfaatan teknologi pada sumber belajar.

Menurut Prof. Agus Dudung, pembelajaran menggunakan Three-E benar-benar memberikan prestasi pada mahasiswa. Mahasiswa juga dapat mengembangkan metode Three-E ini. 

“Peran teknologi dalam dunia pendidikan sangat besar karena dapat membantu pendidik dan peserta didik untuk mendapatkan materi pembelajaran,” ujarnya.

Pengembangan Three-E

Three E secara sederhana adalah pembelajaran elektronik yang memanfaatkan paket informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. 

Three E merupakan hybrid dari pembelajaran tatap muka dan pembelajaran berbasis komputer atau learning online

Studi yang dilakukan Prof. Agus Dudung dilakukan dengan pendekatan explanatory dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis structural equation modeling (SEM) dengan berbasis varians. 

Hal yang perlu diperhatikan lebih jauh adalah dosen harus memenuhi dan meningkatkan kompetensinya dengan memperhatikan perencanaan kuliah, komunikasi dengan mahasiswa, metode dan strategi perkuliahan berbasis teknologi dan informasi untuk menciptakan suatu proses perkuliahan yang inovatif.

Serta peningkatan infrastruktur perkuliahan, memfasilitasi, dan mendukung dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya.

“Hasil analisis dapat disimpulkan Three-E berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi lulusan mahasiswa,” jelasnya.