Labschool Cibubur YP UNJ Resmikan Gedung Prof. Conny R. Semiawan dan Kerjasama Pendidikan dengan Perancis

0
264
Foto: Dari Kiri Ke Tantania Anak Alm. prof. Conny, Prof. Dr. Arief Rachman, dr. Asdineri Ruslim Sp.OG, Oliver Chambard Duta Besar Perancis, Stephane Dovert Direktur IFI Pusat, Dr. Ahmad Ridwan, M.Si Wakil Kepala Bidang Akademik BPS Labschool YP UNJ dan Perwakilan DInas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jabar.

EDURANEWS,JAKARTA- Selasa 12/10 Peresmian gedung Prof. Dr. Conny R. Semiawan di sekolah Labschool Cibubur YP UNJ berlangsung dengan kerjasama pendidikan antara Labschool Cibubur dengan Kedutaan Perancis di Jakarta melalui Institut Francais Indonesia (IFI).

Dalam sambutannya, Duta Besar Perancis Olivier Chambard menyampaikan perihal apresiasi atas kerjasama pendidikan dengan Sekolah Labschool Cibubur serta adanya France Track.

“Labschool menjadi teladan dan perintis untuk mengimplementasikan program pendidikan bahasa Perancis,” katanya.

France Track adalah  layanan studi lanjut perguruan tinggi negeri di Perancis melalui program pembelajaran di SMA Labschool Cibubur seperti kebahasaan dan informasi studi.

Menurut Oliver Chambard mempelajari bahasa Perancis dapat melatih pikiran (otak) untuk terampil mempelajari disiplin ilmu lain. Lebih lanjut menurutnya, peresmian gedung Prof. Dr. Conny R. Semiawan adalah momentum tepat dengan berlangsungnya acara France Track.

Selain itu, Oliver Chambard mengatakan bahwa Kedutaan Perancis melalui IFI memberi dukungan seperti hibah buku, penyediaan guru bahasa Prancis dari IFI, serta hal penting terkait orientasi kerjasama pendidikan bagi siswa France Track Labschool Cibubur yang akan bersekolah ke Perancis untuk mendapatkan bimbingan dan pendampingan.

“Hal terpenting adalah orientasi dan arahan kepada siswa dan siswi France Track yang ingin kuliah ke Perancis, mereka akan didampingi dan dibimbing sampai mereka dapat mendaftar di perguruan tinggi di Perancis, termasuk pembebasan biaya kuliah untuk tahun pertama di Perancis,”katanya

Sejalan dengan itu, Prof.  Arief Rachman menyadari bahwa pendidikan tidak bisa berjalan sendiri tanpa pemikir. Dirinya menyebut bahwa Prof. Conny R. Semiawan sebagai pemikir pendidikan dalam berbagai karyanya.

“Untuk itu pemikir juga tidak bisa berjalan sendiri, harus dibantu oleh sebuah lembaga seperti Labschool sangat penting dan kesadaran dari Labschool untuk mengangkat nama Prof. Conny R. Semiawan tidak lepas dari dukungan keluarga besar Alm. Prof. Conny R. Semiawan,” katanya.

dr. Asdineri Ruslim Sp.OG. Perwakilan Labschool menyebut bahwa program kerjasama dengan Perancis sudah diharapkan sejak lama. Dirinya juga berharap dengan hadirnya lembaga bahasa Perancis ini dapat meningkatkan potensi belajar anak Indonesia belajar ke Eropa.

“Saya akan turun ke provinsi-provinsi dan menjemput anak-anak terbaik provinsi, lalu kita berikan kesempatan untuk bisa sekolah di Labschool Cibubur dan bisa sekolah di Perancis,” katanya.

BACA JUGA: Menguatkan Kepribadian Bangsa, MPR RI DIskusi Dengan UNJ

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang mewakili juga menyampaikan apresiasi atas kerjasama tersebut bagi pengembangan pendidikan. Dirinya menyebut acara ini akan menjadi kenangan penting bagi pengembangan dunia pendidikan.

Stephane Dovert Direktur IFI Pusat menyampaikan bahwa acara tersebut akan menjadi model dan contoh bagi penerapan pembelajaran bahasa Perancis bagi  sekolah lain di Indonesia kedepannya.

Dr. Ahmad Ridwan, M.Si Wakil Kepala Bidang Akademik BPS Labschool YP UNJ menyatakan apresiasinya pada program France Track Labschool Cibubur, 

“Idenya menembus batas. Karena hanya Labschool yang melakukan kerjasama dengan Perancis melalui program France Track. Ini adalah terobosan dalam dunia pendidikan dan mengapresiasi atas izin untuk peletakan nama Prof. Conny R. Semiawan pada gedung di Labschool Cibubur,” katanya.

Tantania  anak  Prof. Conny merasa bangga atas pengabadian nama ibundanya. Tantania berharap kedepan ada Profesor lain dari UNJ sebagai pengingat pada gedung Labschool dan berharap France Track bisa memperluas jaringan pendidikan dan wawasan kebudayaan terutama melalui bahasa.