Pendaftararan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021 Ditutup 27 Juni 2021

0
341

EDURA NEWS, JAKARTA – Pendaftaran pogram Pertukaran Mahasiswa Merdeka untuk seluruh mahasiswa di Indonesia dibuka hingga tanggal 27 Juni 2021. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menargetkan sebanyak 20.000 mahasiswa lolos seleksi untuk program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021 ini.

Melalui program ini, mahasiswa akan mendapat pengalaman belajar di Perguruan Tinggi lain. Tujuan untuk membuka ruang pertemuan bagi mahasiswa untuk belajar menghargai perbedaan dan keberagaman selama melakukan pembelajaran.

Terdapat tiga skema yang bisa dipilih mahasiswa dalam mengikuti program ini. Pertama, total 20 SKS dapat ditempuh seluruhnya di Perguruan Tinggi penerima dilaksanakan secara luring. Kedua, total 20 SKS dapat ditempuh dengan kombinasi, yaitu beberapa mata kuliah (10 SKS) di perguruan tinggi penerima secara luring dan beberapa mata kuliah (10 SKS) di perguruan tinggi pengirim (asal) secara daring. Ketiga, Total 20 SKS dapat ditempuh dengan kombinasi, yaitu beberapa mata kuliah (10 SKS) di perguruan tinggi penerima secara luring, dan beberapa mata kuliah (10 SKS) di perguruan tinggi mitra secara daring dan atau di perguruan tinggi pengirim (asal) secara daring.

Mahasiswa yang mengikuti program ini juga nantinya akan mengikuti kegiatan Modul Nusantara yang akan dibimbing dosen, kegiatan ini setara dengan 2 SKS. Empat kegiatan pokok yang ada pada Modul Nusantara, di antaranya ada kebhinekaan (14 kegiatan), inspirasi (3 kegiatan), refleksi (7 kegiatan), dan kontribusi sosial (1 kegiatan).

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa untuk mengikuti program ini, di antaranya:

1. Mahasiswa S1 non-vokasi, aktif pada semester 3, 5, dan 7 dari PTN – PTS di seluruh tanah air

2. Memiliki IPK minimal 2,75 atau memiliki pengalaman prestasi non-akademik tingkat daerah/nasional/ internasional (dibuktikan dengan dokumen yang sah).

3. Memiliki kemampuan dan peluang untuk mengembangkan penalaran, wawasan, serta berintegritas, kreatif dan inovatif

4. Tidak pernah dikenakan sanksi akademik dan non akademik pada perguruan tinggi pengirim

5. Bersedia mentaati seluruh ketentuan tertulis pada buku POB (Pedoman Operasional Baku) Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

6. Mendapatkan rekomendasi dari PT asal dan izin orang tua/wali.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman Pertukaran Mahasiswa Merdeka https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/pertukaranMahasiswaMerdeka2021.