PKKMB UNJ 2021: Tekad UNJ Menjadi Universitas Bereputasi di Asia

0
446
Foto: Pembukaan PKKMB UNJ 2021 Luring Terbatas (Dokumentasi Tim Edura UNJ)

EDURANEWS, JAKARTA: Universitas Negeri Jakarta (UNJ) membuka kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Dalam masa pandemi saat ini, maka PKKMB dilakukan melalui media jalur resmi UNJ diantaranya pertemuan luring yang dihadiri secara terbatas dengan protokol kesehatan ketat dan juga daring yaitu melalui media aplikasi zoom dan juga chanel YouTube Kemahasiswaan UNJ Chanel dengan tema “Opening PKKMB UNJ 2021.

Secara luring kegiatan PKKMB UNJ 2021 ini dihadiri oleh jajaran civitas akademika UNJ seperti Rektor, Wakil Rektor semua bidang, Dekan Fakultas, Direktur Pascasarnjana, Kepala Program Studi dan jajaran terkait secara terbatas. Secara daring juga turut hadir Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKiI Jakarta, ketua KONI DKi jakarta Palang Merah Indonesia dan jajaran lainnya.

PKKMB merupakan kegiatan rutin Universitas Negeri Jakarta untuk menyambut kehadiran mahasiswa baru Universitas negeri Jakarta tahun ajaran baru 2021. PKKMB UNJ 2021 ini mengusung tema “Mewujudkan Mahasiswa UNJ Unggul dan Bereputasi di Kawasan Asia”, kegiatan ini akan berlangsung selama enam hari kedepan dari mulai pembukaan tanggal 16/08/2021 s/d 21/08/2021 yang dimulai dari pukul 07:00 pagi dan berakhir maksimal pukul 17:00 WIB.

Adapun rangkaian kegiatan jadwal PKKMB UNJ 2021 dari mulai tanggal 16/08/2021, kegiatan pembukaan, 17/08/2021 Upacara bendera Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, kemudian tanggal 18-19/08/2021 materi dari fakultas, 20/08/2021 materi dari program studi masing-masing program studi, 21/08/2021 penutupan kegiatan penutup PKKMB UNJ 2021 dengan kegiatan penanaman pohon di tanah UNJ Cikarang, Jawa Barat. Semua kegiatan dilakukan secara daring.

Menurut Wakil Rektor UNJ Bidang Kemahasiswaan Dr. Abdul Syukur, S.Pd., menyebut bahwa kegiatan PPKMB UNJ 2021 ini dihadiri oleh 6.433 mahasiswa baru dengan rincian, Fakultas Ilmu Pendidikan berjumlah 912 Mahasiswa, Fakultas Bahasa dan Seni berjumlah 783 mahasiswa, Fakultas Matematika dan IPA berjumlah 938 mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial berjumlah 736 mahasiswa, Fakultas Teknik berjumlah 1.315 mahasiswa, Fakultas Ilmu keolahragaan berjumlah 455 mahasiswa, Fakultas Ekonomi berjumlah 1.051 mahasiswa, Fakultas Pendidikan Psikologi berjumlah 243 mahasiswa.

Dalam sambutannya Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Dr, Abdul Syukur, S.Pd, menyebut bahwa dalam PPKMB UNJ 2021 ini juga pengenalan pada agenda besar lomba UNJ baik skala internasional maupun nasional serta juga turut menyampaikan rasa terima kasih kepada Rektor UNJ Prof. Dr. Komarudin M.Si yang tidak hentinya memberi dukungan, dan support moril mapun materil dalam terselenggaranya kegiatan PPKMB UNJ 2021 serta kepada seluruh panitia penyelenggara yang terlibat dari seluruh rangkaian kegiatan PPKMB UNJ 2021 ini.

Rektor Universitas Negeri Jakarta Prof. Dr. Komarudin M.Si menyebut bahwa pencapaian cita-cita besar UNJ sebagai kampus bereputasi Asia tentu harus didukung dengan kerja keras dan kolaborasi yang baik lintas aktor dengan mengusung “kita UNJ” adalah semua aktor yang wajib terlibat dalam agenda besar tersebut. Sehingga kedepan reputasi Asia tersebut akan cepat terwujud.

“Saya bangga dengan sambutan anda (kepada Muhammad Alfian Fadilah) terutama soal penyampaiannya terkait “kita semua UNJ” sebagai aktor pencapaian cita-cita Kampus UNJ Bereputasi Asia, kalau semua mengakatan bahwa kita tendik, kita dosen dan kita UNJ, maka kedepan pencapaian reputasi Asia tersebut bisa cepat tercapai” Tutur Rektor UNJ.

“Rektor UNJ juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh mahasiswa yang sudah bergabung sebagai keluarga besar UNJ di kampus tecinta, kampus pergerakan dan kampus perjuangan Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan PKKMB UNJ 2021 ini juga disemarakan dengan pekan Sains, Teknologi dan Akuntansi mahasiswa (PESTA) Daring UNJ 2021.” lanjut Rektor UNJ.

Menurut Rektor UNJ Prof, Komarudin, M.Si, bahwa terdapat empat pokok kunci dalam kegiatan PKKMB UNJ 2021 diantaranya, pertama sebagai pengenalan dunia kampus kepada mahasiswa baru agar mahasiwa baru mampu beradaptasi secara akademik dan non akademik. Kedua, Pengenalan visi dan budaya kampus, bahwa diketahui saat ini UNJ merupakan perguruan tinggi unggul dan LPTK terbaik di Indonesia yang memiliki visi kampus bereputasi di kawasan Asia, dan juga reputasi kampus UNJ sebagai perkumpulan pemikir pendidikan yang diakui secara nasional maupun internasional yang dikenal dengan mazhab Rawamangun.

Ketiga, PKKMB UNJ 2021 merupakan pengenalan wawasan kebangsaan serta keempat, wawasan global sehingga diharapkan PKKMB UNJ 2021 dapat menguatkan kesadaran dan semangat kebhinekaan dan kecintaan kepada tanah air Indonesia dan tumbuhnya sikap peduli, humanis dan egaliter untuk melawan sikap desktruktif, egois, rasis, fanatik sempit dan radikal,” lanjut Rektor UNJ Prof, Komarudin. M.Si.

“PKKMB UNJ 2021 sejalan degan amanat Dirjen Dikti, seperti sambutannya dalam buku pedoman PKKMB 2021 agar PKKMB dapat menjadi wahana penting untuk mengubah paradigma mahasiswa baru menghasilkan karya dan mampu memberikan solusi atas segala permasalahan bangsa, inilah urgensi penyelenggaraan PKKMB khususnya bagi UNJ,” tutup Rektor UNJ Komarudin, M.Si.