Program Doktor UNJ Lakukan Pengabdian masyarakat, Kenalkan Kepemimpinan Transformasional

0
187
Foto: Dr. Suryadi M.Pd selaku Koordinator Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Pendidikan UNJ

UNJ selenggarakan pengabdian masyarakat perguruan tinggi program Doktor Ilmu Manajemen Pendidikan.  Kegiatan ini merupakan lokakarya berkolaborasi dengan pondok pesantren Al Ashiriyyah Nurul Iman  (Islamic Boarding School) mengusung tema “Pelatihan Model Manajemen Kepemimpinan Transformasional Bidang Pendidikan untuk Guru pondok pesantren al Ashiriyyah Nurul Iman, Parung. Bogor.

Menurut Dr. Suryadi M.Pd selaku Koordinator Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Pendidikan UNJ. Dalam sambutannya Suryadi mengatakan bahwa program pengabdian masyarakat dengan pondok pesantren Al-Ashiriyyah Nurul Iman merupakan kegiatan tri dharma perguruan tinggi selain melakukan pendidikan dan penelitian.

Dr. Suryadi M.Pd juga menjelaskan tentang konsep kepemimpinan transformasional. Menurutnya, Dalam gaya kepemimpinan transformasional, kepala sekolah memberikan kesempatan dan mendorong  semua unsur yang ada di sekolah baik, guru, siswa, orang tua, pegawai dan masyarakat untuk bekerja berdasarkan sistem nilai yang luhur. Tanpa paksaan untuk mencapai tujuan sekolah dalam proses demokratis dan partisipasi aktif.

“Di Indonesia, gaya kepemimpinan transformasional mulai mengemuka seiring perubahan arah kebijakan dari sentralisasi ke otonomi daerah. Dimana sekolah memiliki peran yang signifikan dalam menentukan kebijakannya sendiri.”ujar Suryadi dalam sambutannya.

Pada kegiatan lokakarya tersebut, para mahasiswa program Doktor Ilmu Manajemen Pendidikan UNJ juga turut mempresentasikan pengetahuan dari penelitian masing-masing mahasiswa kepada pesantren Nurul Iman. kegiatan ini sebagai bagian dari sharing knowledge dan pengabdian terhadap masyarakat.

BACA JUGA: SMAN Unggulan MH Thamrin Menerapkan Seleksi Ketat

Santi Anugrahsari, Nining Parlina, Rihlah Nur Aulia, Drs Moch Endang Supardi M.Si, M.Pd, dan Dra. Rusmala Nainggolan, M.Pd, merupakan mahasiswa program Doktor Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dalam lokakarya tersebut.

seperti halnya dr. Santi Anugrahsari  seorang dokter spesialis mata yang juga merupakan mahasiswa S3 program Doktor Ilmu Manajemen Pendidikan UNJ membahas tema kiat sehat masa pandemi dengan memberikan pemahaman tentang virus covid-19 dan peran antisipasi menghadapinya.

Tentunya, sharing knowledge dalam lokakarya ini merupakan langkah strategis melakukan penguatan pendidikan di tengah pandemi covid-19. Seain itu, kegiatan ini dilakukan secara daring virtual dan dapat melihat tayangan melalui kanal youtube Edura TV UNJ.