Prof. Sri Martini Mailanie: Guru PAUD Sangat Penting dalam Mendukung Tumbuh Kembang Anak

0
7

EDURANEWS, JAKARTA. Prof. Sri Martini Mailanie memberi orasi ilmiah bertajuk “Guru Paud Profesional, Sebuah Paradoks” di Aula Latief Hendraningrat (31/7). Orasi Ilmiah ini sekaligus mengukuhkan dirinya sebagai guru besar bidang ilmu kurikulum dan Pembelajaran PAUD. Orasi ini menyoroti secara fundamental dalam perkembangan karir guru PAUD. 

Menurut Prof. Sri Martini salah satu faktor penyebab rendahnya kualitas guru di Indonesia adalah ketidaksesuaian disiplin ilmu dan terdapat guru yang belum berkualifikasi sarjana. Hal ini pun yang membuat guru PAUD harus memiliki kualifikasi dan profesionalisme karena sebagai sebuah profesi yang diakui undang-undang. 

Namun data menunjukan setengah dari jumlah guru PAUD di Indonesia belum memenuhi standar kualifikasi akademik pendidik PAUD. Hal ini menurut Prof. Sri Martini akan mempengaruhi  pada kompetensi guru PAUD. Meskipun beberapa guru PAUD sudah kualifikasi sarjana namun belum semuanya linier. 

Keadaan guru PAUD yang demikian dan tingginya harapan masyarakat yang memahami pentingnya meletakan dasar pendidikan sejak dini menjadi paradoks.  Bagi Prof. Sri Martini guru PAUD sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang anak. Maka guru-guru PAUD pun harus memiliki profesionalitas.

Prof. Sri Martini menjelaskan ada tiga tantangan bagi Guru PAUD. Pertama, dari aspek kesejahteraan finansial yang belum mendapat gaji layak dan tidak memiliki tingkat kesejahteraan. Kedua, dari aspek pengembangan karir guru tidak memiliki kesempatan luas untuk mengembangkan diri. Ketiga, dari aspek pengembangan keilmuan, guru tidak memiliki akses yang cukup luas.