Kursus Mahir Dasar Pramuka (KMD) Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Universityas Negeri Jakarta Tahun 2024

0
50

EDURANEWS, JAKARTA: Pada hari Rabu tgl 19 Juni  2024 bertempat di PLaza Universitas Negeri Jakarta dilakukan upacara pembukaan Kursus Mahir Dasar (KMD) bagi Mahasiswa  Prajabatan Pascasarjana UNJ Gelombang 1 dan Gelombang 2 Tahun Akademik 2023. . Acara dibuka oleh Direktur Pasca Sarjana UNJ Prof.Dr. Dedi Purwana. ES. M.Bus, dihadiri Undangan, Waki Ketul Kwarda dan pengurus Kwarda DKI Jakarta DKI Jakarta, para pelatih/narasumber dari Kwarda DKI Jakarta, Para Kordiv Bidang Ilmu dan Kordinator Bidang Studi.

Acara diikuti oleh 530 peserta, terdiri dari gelombang 1 sebanyak 282 orang dan gelombang 2 sebanyak 248 orang. Berasal Prodi PIPS 107, Prodi Pemasaran 23 orang. Prodi  Pend. Bhs In donesias 20,  Prodi PGSD 55 orang, PJOK 53 orang. Tata Busana 7 orang, orang Tata Boga 5 orang.

Gelombang 2 , diikuti oleh 248 orang terdiri dari Prodi Bisnis dan Pemasaran 13 orang. Prod Pendidikan Bahasa Indonesia 38 orang, Prodi Pendidikan Biologi 1 orng,  Prodi PGSD 72, IPS 47 0rang. Prodi Pend.Kimia 1 0rang, Prodi Pend. Matematika 25 orang, Prodi Pend.Sejarah 11 orang dan Prodi Pend.Jasmani Olah raga Kesehatan 29 orang, dan Pend. Konstruksi dan Perumahan 2 0rang

Dalam sambutannya Direktur Pascasarjana memesankan bahwa sebagai calon guru professional Mahasiswa PPG harus memiliki berbagai skill antara lain nasionalisme cinta tanah air, kedisiplinan sebagai bekal ketika menjadi guru di berbagai sekolah tempat pengabdiannya masing masing. Prof Dedi juga mengingatkan agar para para peserta KMD sebagai calon guru professional mengajarkan nilai dan budaya daerah Indonesia agar generasi Z mencintai budaya Indonesia dibandingkan budaya asing seperti K-Pop yang saat ini makin marak.

Pihak Kwarda DKI Jakarta yang menjadi mitra pelaksanaan KMD PPG Pascasarjana UNJ memberi apresiasi dan terimakasih kepada UNJ yang sudah menjadi kmitra Kwarda dalam mensosialisasikan  kegiatan Pramuka bagi generasi Z yang malas bergerak agar mereka tidak tergerus oleh kebudayaan luar yang tidak semuanya berdampak positif.

Dalam laporannya, Prof,Dr. Muhammad Zid. M.Si selaku Ketua Prodi PPG Pascasarjana UNJ melaporkan bahwa kegiatan KMD merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa peserta PPG Prajabatan sebagi bekal mereka untuk menjadi Pembina Pramuka jenjang Siaga pada jenjang SD, Penggalang pada jenjang SMP sederajat dan Pembina Penegak untuk jenjang SMA sederajat. <emjadi pelatih dan Pembina Pramuka pada satuan dan jenjang Pendidikan menrupakan kewajiban setiap guru, dengan demikian seluruh calon guru professional perlu memnguasai kepramukaan dan menerapkannya untuk mencetak peserta didik yang memiliki ketakwaan kepada Tuhan YM, mencintai alam dan manusia, sopan, rajin disipli, bertanggung jawab sesuai dengan dasa darma Pramuka.

Materi yang disampaikan dalam KMD meliputi : fundamental gerakan Pramuka,prinsip dasar dan metode Kepramukaan, postur peserta didik siaga, pengglang dan penegak, teknik penyusunan program latihan, tata laksana perkemahan (upacara pembukaan perkemahan, teori berkemah), penyelesaian SKU, SKK, SPG dan pelantikan, program  pertemuan Pramuka Penegak, organisasi dan administrasi Gudep, wadah pembinaan Pramuka Penegak, ragam keterampilan Pramuka Penegak, ragam upacara di Ambalan, praktik membina.

Supaya materi yang disampaikan pelatih,menggunakan  metode yang bervariasi dalam bentuk paparan, diskusi, simulasi dan permainan disesuaikan dengan sasaran  kelompok usia yaitu  sasaran Pramuka, dilanjutkan dengan perkemahan di Bumi perkemahan CIbubur dengan ditutup api unggun dan malam gembira.