Prof. Efri Sandi: Ilmu Antena dan Propagasi Gelombang Masih Sangat Relevan

0
11

EDURANEWS, JAKARTA. Tren perkembangan riset mengenai teknologi antena semakin berkembang karena para peneliti mulai memikirkan bagaimana mengurangi limitasi dan memperbaiki performanya. Hal inilah yang  Prof. Efri Sandi uraikan dalam orasinya bertajuk “Kontribusi dan Tantangan Riset Antena untuk Teknologi Jaringan Telekomunikasi Masa Depan”  di Aula Latief Hendraningrat Gedung Dewi Sartika UNJ (22/11). 

Isu kontemporer memberikan solusi keterbaruan dalam bidang antena dan propagasi gelombang. Dalam penjelasannya,Prof. Efri menyebutkan salah satu fokus riset adalah mengembangkan dan menemukan metode baru desain sparse array array antena.  

Konfigurasi ini merupakan elemen antena yang dijarangkan satu sama lainnya untuk mengurangi jumlah elemen pada suatu dimensi antena array dengan tetap mempertahankan  performansi radiasi antena. 

Namun ada tantangan dan kebutuhan aplikasi seperti tingginya degradasi performansi radiasi, tingkat efisiensi elemen dan proses desain yang kompleks. 

Melihat tantangan itu, Prof. Efri Sandi mengembangkan riset dalam skala lobratorium dan menggunakan jenis antena microstrip yang mudah dipabrikasi dan biaya yang efisien. Metode yang dikembangkan adalah metode non-uniform stretching-cyclic different set (CDS).  Yang dapat meningkatkan performansi Gain dan Beamwidth. 

Selain itu Prof. Efri Sandi juga menekuni riset antena 5G yang mengedepankan dalam kemampuan beamforming, bandwidth yang lebar (wideband dan ultra-wideband) dan solusi konfigurasi massive MIMO. Fokusnya pada pengembangan divais antena itu sendiri, sedangkan teknik beamforming lebih ke arah inovasi teknik signal processing and coding

Bagi Prof. Efri Sandi ilmu antena  dan propagasi gelombang masih sangat relevan untuk terus dikembangkan dalam menjawab berbagai perkembangan teknologi telekomunikasi.